Kompas.com - 04/12/2021, 22:17 WIB

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 bakal digelar beberapa bulan lagi. Pasti semua siswa dan sekolah fokus pada persiapan seleksi ini.

Karena seleksi ini berdasarkan prestasi akademik, mudah saja kita beranggapan bahwa pengalaman gagal SNMPTN mungkin disebabkan oleh nilai rapor yang jelek.

Padahal, kesalahan pengisian data SNMPTN tak jarang menjadi penyebab gagalnya SNMPTN sejak tahap pendaftaran. Apa lagi kesalahan pendaftaran SNMPTN yang lain? Melansir laman akupintar.id, berikut faktor-faktor yang dapat menyebabkan gagal SNMPTN agar kamu bisa menghindarinya.

Baca juga: Jadwal SNMPTN 2022, Berikut Ketentuannya

1. Teledor dan kurang teliti berakibat kesalahan pengisian data SNMPTN

Bukan hanya pendaftaran SNMPTN 2022 yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Hampir semua proses pendaftaran atau apapun yang melibatkan pengisian data selalu membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan saat pendaftaran SNMPTN yakni pendaftaran dilakukan bersama pihak sekolah.

Sekali lagi, pendaftaran SNMPTN dilakukan oleh siswa bersama pihak sekolah. Bukan salah satu pihak saja. Misalnya saja, registasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) harus sama-sama dilakukan oleh siswa dan sekolah, tidak bisa salah satunya saja.

Selain itu, kamu juga harus aktif berkomunikasi dengan guru untuk memastikan eligibilitas kamu mengikuti pendaftaran SNMPTN. Pastinya, kamu bukan satu-satunya siswa di sekolah yang berminat mengikuti SNMPTN.

Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) diisi oleh sekolah. Akan tetapi, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) milik kamu lah yang didaftarkan oleh sekolah.

Pastikan password pendaftaran SNMPTN. Salah satu kesalahan pendaftaran SNMPTN yang cukup sering terjadi pada tahap ini adalah menyerahkan segalanya pada sekolah. Tidak boleh seperti itu, apalagi kalau kamu harus mengunggah portofolio karena itu sepenuhnya portofoliomu, bukan milik sekolah.

Baca juga: 5 Syarat Penting Peserta SNMPTN 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.