Kompas.com - 12/12/2021, 15:09 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menguasai bahasa asing sangat penting untuk masa depan. Apalagi memasuki dunia kerja, menguasai bahasa asing bisa menjadi nilai plus saat melamar suatu pekerjaan.

Salah satu bahasa asing yang wajib dikuasai anak muda yakni bahasa Inggris. Saat memulai belajar bahasa Inggris, siswa perlu mengetahui perbedaan Grammar dan tenses.

Melansir dari laman konsultas pendidikan luar negeri ICAN Education, Minggu (12/12/2021), grammar berfungsi membedakan kalimat berdasarkan waktu. Sehingga, bisa membentuk kalimat pada waktu lampau, masa depan, kebiasaan, dan waktu saat ini.

Grammar sebagai tata bahasa menunjukkan struktur dalam menyusun kalimat. Apabila kalimat punya grammar tepat, maka kalimat tersebut akan sempurna.

Baca juga: Dosen UGM: Wartawan Punya Misi Meningkatkan Intelektualitas Masyarakat

Perbedaan grammar dan tense

Berbeda dengan tenses, sebagai bagian dari grammar. Fungsi tenses adalah tata bahasa fokus pada pembedaan kata kerja atau bentuk verba. Fungsinya untuk menyebutkan perbedaan waktu, keadaan, juga jangka perbuatan dalam suatu kalimat.

Dalam bahasa Indonesia, grammar dikenal sebagai struktur kalimat. Kamu mungkin pernah mendengar tentang SPOK, yaitu Subyek, Predikat, Obyek, dan Keterangan.

Struktur kalimat seperti ini dapat ditemukan dalam grammar. Hal ini dapat dijadikan sebagai acuan penting agar bisa memahami kalimat bahasa Inggris secara jelas.

Agar lebih paham pengertian grammar, siswa bisa melihat contoh kalimat ini "I am not calling". Makna kalimat tersebut adalah "Saya tidak sedang menelpon". Kamu tentu bisa memahami maksud kalimat itu, walaupun sebenarnya kalimat ini masih belum sempurna. Akan lebih sempurna jika membuat kalimat seperti ini: "I am not calling anyone".

Terdapat "to be" sebagai penyambung subyek dan predikat

Baca juga: Kino Buka Lowongan Kerja, S1 Fresh Graduate Bisa Melamar

Kalimat itu bermakna "Saya tidak sedang menelpon siapapun". Kalimat ini justru lebih lengkap karena terdapat keterangan obyek.

Dalam grammar, kamu juga akan menemukan subyek dan predikat namun penggunaannya berbeda dengan bahasa Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.