Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Kenali Perbedaan Grammar dan Tenses dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 12/12/2021, 15:09 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menguasai bahasa asing sangat penting untuk masa depan. Apalagi memasuki dunia kerja, menguasai bahasa asing bisa menjadi nilai plus saat melamar suatu pekerjaan.

Salah satu bahasa asing yang wajib dikuasai anak muda yakni bahasa Inggris. Saat memulai belajar bahasa Inggris, siswa perlu mengetahui perbedaan Grammar dan tenses.

Melansir dari laman konsultas pendidikan luar negeri ICAN Education, Minggu (12/12/2021), grammar berfungsi membedakan kalimat berdasarkan waktu. Sehingga, bisa membentuk kalimat pada waktu lampau, masa depan, kebiasaan, dan waktu saat ini.

Grammar sebagai tata bahasa menunjukkan struktur dalam menyusun kalimat. Apabila kalimat punya grammar tepat, maka kalimat tersebut akan sempurna.

Baca juga: Dosen UGM: Wartawan Punya Misi Meningkatkan Intelektualitas Masyarakat

Perbedaan grammar dan tense

Berbeda dengan tenses, sebagai bagian dari grammar. Fungsi tenses adalah tata bahasa fokus pada pembedaan kata kerja atau bentuk verba. Fungsinya untuk menyebutkan perbedaan waktu, keadaan, juga jangka perbuatan dalam suatu kalimat.

Dalam bahasa Indonesia, grammar dikenal sebagai struktur kalimat. Kamu mungkin pernah mendengar tentang SPOK, yaitu Subyek, Predikat, Obyek, dan Keterangan.

Struktur kalimat seperti ini dapat ditemukan dalam grammar. Hal ini dapat dijadikan sebagai acuan penting agar bisa memahami kalimat bahasa Inggris secara jelas.

Agar lebih paham pengertian grammar, siswa bisa melihat contoh kalimat ini "I am not calling". Makna kalimat tersebut adalah "Saya tidak sedang menelpon". Kamu tentu bisa memahami maksud kalimat itu, walaupun sebenarnya kalimat ini masih belum sempurna. Akan lebih sempurna jika membuat kalimat seperti ini: "I am not calling anyone".

Terdapat "to be" sebagai penyambung subyek dan predikat

Baca juga: Kino Buka Lowongan Kerja, S1 Fresh Graduate Bisa Melamar

Kalimat itu bermakna "Saya tidak sedang menelpon siapapun". Kalimat ini justru lebih lengkap karena terdapat keterangan obyek.

Dalam grammar, kamu juga akan menemukan subyek dan predikat namun penggunaannya berbeda dengan bahasa Indonesia.

Pada grammar terdapat "to be" atau pelengkap juga penyambung subjek dan predikat. To be dalam Bahasa Inggris yaitu:

  • I – am.
  • You – are.
  • We – are.
  • They – are.
  • He – is.
  • She – is.
  • It – is.

Baca juga: Unpar Beri Beasiswa Kuliah S2 Gratis bagi Guru Sekolah Mitra

Tenses adalah rumus penyusunan struktur kalimat

Contoh penggunaan to be dalam aturan grammar adalah berikut: She is leaving Australia. Dalam kalimat tersebut, to be yang digunakan yaitu "is" yang merupakan pasangan pada subyek "She". Penggunaan to be tersebut bbisa berubah kapan saja, tergantung penggunaan tenses.

Tenses adalah berbagai rumus penyusunan struktur kalimat dan semua struktur tersebut dibagi berdasarkan penggunaan waktu.

Bahasa Inggris menggunakan 16 tenses,  dengan total 7 tenses paling populer dipakai yakni:

  • Simple present tense
  • Present continuous tense
  • Present perfect tense
  • Simple past tense
  • Past continuous tense
  • Simple future tense
  • Simple past future tense

Baca juga: ITS Peringkat Pertama Nasional Versi Simkatmawa Kemendikbud Ristek

Itulah perbedaan grammar dan tenses dalam bahasa Inggris. Jika kamu sudah paham kedua hal itu, kamu tidak akan menemui kesulitan mendalami lebih jauh lagi tentang bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com