Kompas.com - 15/12/2021, 14:04 WIB
|

KOMPAS.com - Gas buang kendaraan saat ini masih menjadi salah satu polusi udara. Karena itu, butuh upaya agar gas buang tersebut tidak berbahaya lagi.

Terkait hal itu, Tim mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) melakukan penelitian dengan dua bahan. Yakni limbah kulit pisang dan limbah buah kakao.

Pada Hasanuddin Research Festival (Harfest), tim mahasiswa Itera ini berhasil meraih Juara 2 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tahun 2021 oleh Harfest.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Infused Water dari Rempah, Buah dan Sayur

Harfest merupakan salah satu himpunan yang mengembangkan potensi di bidang riset dan merupakan pusat riset mahasiswa UIN Hasanuddin Banten, yang diadakan November lalu.

Dalam ajang tersebut, tim mahasiwa Itera mengusung karya tulis ilmiah bertajuk Adsorbent Gas Buangan CO, NO, NOX pada transportasi darat dengan kombinasi limbah kulit pisang (Musa acuminate L) dan limbah buah kakao (Theobroma cocoa L.) sebagai karbon aktif untuk mewujudkan SDGS 2045.

Adapun tim itu terdiri dari Abdul Khanafy dari Program Studi Teknik Pertambangan, Dina Fauzizah Rabathi Al Choil (Teknik Pertambangan) dan Elza Faradila (Matematika).

Dapat serap gas emisi berbahaya

Menurut Abdul, secara teknis kedua limbah tersebut diolah menjadi karbon aktif yang kemudian diaplikasikan dengan kendaraan transportasi darat.

Karbon aktif ini akan menyerap gas-gas emisi berbahaya pada kendaraan transportasi darat seperti buangan CO, NO dan NOx.

"Limbah kulit pisang dan buah kakao dapat diolah menjadi karbon aktif yang kemudian diaplikasikan dengan kendaraan transportasi darat," ujarnya dikutip dari laman Itera, Selasa (14/12/2021).

Dijelaskan, penelitian tersebut didasari melihat banyaknya limbah kulit pisang dan kulit buah kakao yang tidak termanafaatkan dengan baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.