Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Reputasi, Unair Kolaborasi dengan 6 Universitas Inggris

Kompas.com - 16/12/2021, 17:03 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) melalui Airlangga Global Engagement (AGE) melakukan kunjungan ke London, Inggris, dan menjalin kerja sama dengan enam universitas Inggris, pekan lalu.

Enam universitas tersebut yakni University of Strathclyde, University of Glasgow, University of Nottingham, University of Loughborough, University of Sussex, dan University of Leicester.

Kepala AGE, Iman Harymawan menyebutkan kunjungan tersebut memiliki empat tujuan utama, yaitu kolaborasi dengan KBRI Inggris, memperluas networking Unair di kancah internasional, melakukan evaluasi kegiatan Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), dan rencana keterlibatan Unair dalam UKICIS.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Selain itu, lanjut dia, bersama dengan beberapa alumni Unair yang tengah bekerja dan melanjutkan studi di Inggris, AGE berencana melakukan launching Ikatan Alumni (IKA Unair) chapter UK.

“Semoga IKA Unair ini bisa segera diresmikan pada Januari mendatang,” harapnya seperti dirangkum dari laman Unair.

Perluas Networking dengan 6 Universitas Inggris

Dalam kunjungannya bersama 6 universitas di Inggris, AGE telah menyepakati beberapa program kerja sama. Pertama, UNAIR dengan berbagai universitas tersebut akan melakukan support aktivitas terkait dengan student mobility.

“Mereka sudah terbuka untuk mengadakan visiting mobility. Dengan begitu, teman-teman UNAIR bisa apply position terkait kegiatan outbound yang diselenggarakan oleh berbagai universitas tersebut,” terangnya.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa Kuliah Merdeka Belajar, Mahasiswa Yuk Daftar

Tidak hanya itu, AGE juga saling bertukar informasi terkait dengan peneliti. Hal itu diharapkan agar peneliti UNAIR bisa melakukan kolaborasi penelitian dengan para peneliti dari enam universitas tersebut.

Kemudian, salah satu poin penting yang dilakukan AGE saat berkunjung ke University of Nottingham adalah melakukan diskusi terkait rencana gabungnya UNAIR ke dalam UKICIS.

UKICIS sendiri merupakan sebuah konsorsium para diaspora ilmuwan dan universitas Indonesia-Inggris.

“Harapannya semoga semua rencana tersebut bisa tercapai dan UNAIR bisa gabung dalam UKICIS tahun depan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com