Kompas.com - 17/12/2021, 07:17 WIB
|

KOMPAS.com - Memperingati hari Ibu yang akan jatuh pada 22 Desember 2021, Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta (DWP UNY) mengadakan Seminar Nasional, Rabu (15/12/2021).

Ketua Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta (DWP UNY) Sulastri Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa peran ibu dalam sebuah keluarga sangatlah besar yaitu sebagai pengayom dan pendidik bagi anak-anaknya.

"Hal inilah yang kadang belum kita sadari, dan diharapkan lewat seminar ini kaum perempuan akan menyadari perannya serta bisa mengimplementasikan dalam kehidupan nyata," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Infused Water dari Rempah, Buah dan Sayur

Peran ibu di masa pandemi

Salah satu Narasumber, dr. Hasto Wardoyo (Kepala BKKBN) menjelaskan bahwa peran perempuan terutama dimasa pandemi seperti saat ini sangatlah besar.

Sebab seorang ibu dapat mengurus pekerjaan rumah tangga, mengasuh anak, membeli kebutuhan rumah tangga sampai mengingatkan untuk selalu hidup sehat.

Tak hanya itu saja, seorang ibu juga mengingatkan beribadah dan berdoa serta mengingatkan untuk berfikir dan berperilaku positif.

"Bahkan seorang ibu dimasa pandemi ini mendapatkan tugas tambahan yaitu mengajar anak-anak mereka yang masih sekolah online dari rumah," tutur Hasto.

Baca juga: Mahasiswa UNY Manfaatkan Limbah Tempe untuk Suburkan Tanaman

Hasto Wardoyo juga menambahkan bahwa peran wanita terutama seorang ibu dalam menjaga kesehatan keluarga sangatlah besar.

Di mana dimasa pandemi ini banyak orang yang rentan mengalami stres karena berbagi hal seperti kehilangan pekerjaan atau pendapatan yang berkurang.

Maka di sini peran wanita untuk tetap menjaga kesehatan mental anggota keluarganya sangat dibutuhkan.

Pastikan kesehatan anggota keluarga

Guru Besar FIK UNY Prof. Wara Kushartanti ketika memaparkan materinya menyebutkan bahwa sebagai ibu ada beberapa hal yang wajib kita lakukan untuk memastikan kesehatan seluruh anggota keluarga.

Terlebih dimasa pandemi yang belum berakhir ini antara lain rutin melakukan atau mengingatkan seluruh anggota keluarga untuk melakukan cek kesehatan.

Baca juga: Cop Busi Daur Ulang Plastik Inovasi Mahasiswa UNY Bikin Bertenaga Tapi Irit

Serta mengajak serta seluruh anggota keluarga untuk rajin berolahraga serta menyediakan makanan yang bergizi serta memastikan mereka beristirahat dengan cukup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.