Kompas.com - 21/12/2021, 13:15 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu kewajiban para siswa adalah belajar. Tidak hanya saat mendekati ujian saja siswa perlu belajar, namun tiap kali mendapat materi dari guru juga harus dipelajari lagi agar lebih paham.

Namun saat belajar, siswa juga harus dalam mood yang bagus. Pasalnya suasana hati yang sedang jelek juga tidak bisa dipaksakan untuk belajar.

Bahkan jika dipaksakan terus belajar tanpa istirahat juga berdampak tidak bagus. Baik dari sisi kesehatan maupun prestasi di sekolah.

Salah satu dampak yang bisa terjadi siswa mengalami burnout. Merangkum dari Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar), Selasa (21/12/2021), burnout adalah perasaan lelah akibat kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus sehingga kehilangan motivasi dan performa.

Baca juga: Kolaboratif dan Inovatif, Rektor UGM Raih Best University Leaders

Tips cegah burnout saat belajar

Berikut tips cegah burnout saat belajar dari Disdik Jabar yang bisa diterapkan para siswa.

1. Istirahat cukup

Ambil waktu sejenak untuk beristirahat. Memaksakan diri bukan solusi terbaik karena konsentrasi yang terpecah akan membuat tugas tidak selesai dengan baik.

2. Buat rencana belajar harian dan tugas harian

Mengklasifikasikan tugas yang paling dekat hingga paling jauh akan membantu kamu memprioritaskan tugas mana yang harus diselesaikan lebih dahulu.

3. Pahami kapasitas dan kemampuan diri

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.