Kompas.com - 21/12/2021, 17:04 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak praktik baik pembelajaran yang mampu mengajak siswa antusias untuk belajar di kelas. Salah satunya pembelajaran yang diberikan Defi Arianti, salah satu guru SDN 018/VIII Kabupaten Tebo, Jambi.

Siswa kelas VI sangat antusias mengikuti materi yang diajarkan guru yaitu mengajak siswa membuat lampu lalu lintas sederhana. Pelajaran tersebut mengulas tema 3, subtema 2, pembelajaran 3, yaitu membuat lampu lalu lintas sederhana dalam buku tematik kelas 6 SD.

Sebelum pelajaran dimulai, Defi telah memberikan informasi agar siswa menyiapkan alat dan bahan dari rumah, yang digunakan pada pertemuan saat itu.

“Siswa diajak untuk mengumpulkan bahan terlebih dahulu, agar mereka siap dalam praktik membuat lalu lintas,” ujarnya.

Defi mengaku melakukan pembelajaran aktif berkat dorongan dari salah satu fasilitator Program Pintar Tanoto Foundation, yaitu Hepi Kurniati.

Rasa penasaran semakin menjadi ketika pelajaran akan mulai. Untuk apa pikir mereka, kini siswa telah siap mengikuti setiap kegiatan pembelajaran yang diberikan guru.

Defi meminta siswa untuk duduk berkelompok, agar memudahkan mereka berdiskusi sesama teman.

“Agar siswa lebih berani mengungkapkan pendapat, jadi di kelompok kecil terlebih dahulu, membiasakan mereka beradu argumen,” katanya beralasan.

Terjadi diskusi di setiap anggota kelompok, setiap anggota kelompok melakukan tugasnya masing-masing sesuai dengan kesepakatan kelompok.

Siswa mengalami, berinteraksi, berkomunikasi baik antar anggota kelompok ataupun dengan guru.

Baca juga: Jadi Kampus dengan Pembelajaran Daring Terbaik, ITB Raih 2 Penghargaan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.