Kompas.com - 22/12/2021, 19:10 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Luka yang timbul akibat kejahatan seksual adalah bentuk stres besar dalam hidup atau bisa dikatakan sebagai trauma. Kondisi itu tidak dapat diremehkan.

Dari kacamata ilmu psikologi, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) Margaretha Rehulina mengaku, korban kejahatan seksual harus segera mendapatkan bantuan konseling oleh profesional.

Baca juga: Dosen Psikologi Unair Kasih Cara Sikapi Korban Kejahatan Seksual

Bisa melalui psikolog atau psikiater, jika dibutuhkan. Tujuannya adalah membuat korban kejahatan seksual menjadi kuat dan melanjutkan hidupnya kembali.

"Keluarga atau lingkungan masyarakat sangat penting untuk membantu korban. Misalnya bantuan mengakses layanan konseling agar korban dapat melanjutkan hidupnya kembali," ujarnya melansir laman Unair, Rabu (22/12/2021).

Dia menyebut, setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membantu korban kejahatan seksual menjadi lebih baik lagi.

1. Memercayai korban kejahatan seksual

Berbicara mengenai kesehatan mental korban kejahatan seksual, fakta yang terjadi cukup miris.

Pasalnya, orang terdekat seringkali tidak percaya pada cerita korban.

"Jika masih terlalu kecil, dianggap anak-anak membuat fantasi mungkin. Atau ketika dia sudah besar dianggap berbohong. Nah ini yang Justru malah menumpulkan keinginan korban untuk mencari bantuan. Akhirnya si korban akan tambah terpuruk dengan luka kejahatan seksual," kata Dosen yang sering disapa nama Retha.

2. Beri waktu ekspresikan emosi para korban kejahatan seksual

Tahapan berikutnya usai memercayai cerita korban, yakni memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikan emosinya.

Perlu dipahami, kata Retha, berbagai emosi dapat muncul secara alamiah ketika tubuh kita dijarah oleh seseorang.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.