[POPULER EDUKASI] Syarat Masuk Sekolah Tinggi Milik BMKG | Politeknik Imigrasi Milik Kemenkumham | KAI Services Buka Lowongan Lulusan SMA-SMK

Kompas.com - 23/12/2021, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Proses penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 yang bakal segera berlangsung membuat sejumlah artikel terkait Perguruan Tinggi Kedinasan menjadi topik yang paling banyak dibaca di kanal edukasi Kompas.com.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam Portal SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 menjelaskan bahwa sekolah kedinasan merupakan kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan.

Selain membuka kesempatan para lulusan untuk menjadi CPNS, sekolah kedinasan juga membebaskan biaya kuliah, sehingga membuka peluang seluas-luasnya bagi siswa berprestasi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi tanpa terkendala biaya.

Baca juga: Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Berikut tiga artikel yang paling banyak dibaca di kanal edukasi untuk periode Senin-Rabu (20-22/12/2021):

1. Syarat Masuk Sekolah Tinggi Milik BMKG, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) merupakan Sekolah Tinggi Kedinasan di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Untuk STMKG, mahasiswa harus bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selama kuliah, biaya pendidikan gratis. Namun, taruna dan taruni yang diterima akan ditarik biaya untuk keperluan seragam, atribut, dan lainnya. Biaya tersebut hanya akan dibebankan di awal pendidikan (yaitu saat daftar ulang) untuk 4 tahun pendidikan. Simak infonya di artikel ini.

2. Syarat Masuk Politeknik Imigrasi Milik Kemenkumham, Lulusan Jadi CPNS

Poltekim merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. Poltekim yang sebelumnya dikenal dengan nama Akademi Imigrasi (AIM).

Baca juga: Syarat Masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia Milik Kemenhub

Pendaftaran Poltekim sendiri dilakukan setiap tahun melalui Portal SSCASN bersamaan dengan pendaftaran sekolah kedinasan lainnya. Pendaftaran biasanya dibuka mulai Maret-April. Informasi pendaftaran dapat dilihat lengkap melalui laman ini.

Ilustrasi KAIKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Ilustrasi KAI

3. KAI Services Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK Sederajat, Ayo Daftar

KAI Services atau PT Reska Multi Usaha sedang membuka lowongan kerja bagi lulusan SMA/SMK sederajat. KAI Services didirikan pada 2003. Perusahaan merupakan anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero).

KAI Services melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program induk usaha, khususnya usaha restoran kereta api dan lainnya. Melansir laman Reska Multi Usaha, Jumat (17/12/2021) memberitahukan ada 4 lowongan kerja yang dibuka KAI Services bagi lulusan SMA/SMK sederajat.

Jika berminat, mari simak kualifikasi yang dibutuhkan KAI Services di laman ini.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.