Kompas.com - 26/12/2021, 06:07 WIB
|

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meluncurkan aplikasi UMY Health Care dan SIM Kesejahteraan Mahasiswa (Simkesma), Jumat (24/12/2021).

Tujuannya yakni untuk meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan. UMY Health Care adalah sistem pendukung program bantuan managemen biaya kesehatan mahasiswa aktif ataupun karyawan UMY.

Sistem ini diinisiai oleh Lembaga Pengembangan Karir dan Sumber Daya Manusia (LPKSDM) yang berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY.

Baca juga: UMY Kirim Relawan Bantu Bencana Erupsi Gunung Semeru

Sementara itu, Simkesma adalah sebuah sistem yang bertujuan mempermudah Rumah Sakit dan pengelola layanan kesehatan mahasiswa secara terintegrasi berbasis sistem informasi manajemen.

Tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan

Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., mengatakan adanya program ini sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

“Saya rasa program ini sangat bagus,dengan kekuatan jaringan yang sudah terkonsep matang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dilingkup sivitas akademika UMY khususnya,” ujar Gunawan dalam keterangan tertulisnya.

Rektor juga berkomitmen akan mengevaluasi program ini selama satu semester ke depan, jika program ini cukup memuaskan, efektif dan efisien ia akan membawa program ini lebih lanjut ke Majelis Dikti Muhammadiyah.

Tentu agar program ini bisa diperluas sehingga pelayanan kesehatan yang diterima semakin maksimal. Ia menuturkan jika program ini juga merupakan bagian dari follow up kerjasama antara UMY dengan rumah sakit mitra.

Ia berharap dengan adanya program ini mampu meningkatkan pelayanan kesehatan yang diterima mahasiswa. Setelah program ini diresmikan akan ada follow up lebih lanjut agar program ini diaplikasikan dengan maksimal.

"Dengan meningkatnya pelayanan kesehatan mahasiswa, saya berharap orang tua mahasiswa tak ragu untuk menguliahkan anaknya di UMY karena dari segi kesehatan kami jamin fasilitasnya," sambung Gunawan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.