Kompas.com - 29/12/2021, 18:25 WIB

KOMPAS.com - Pembatasan aktivitas di kampus selama pandemi Covid-19 membuat kegiatan praktikum mahasiswa turut mengalami keterbatasan. Padahal, praktikum menjadi salah satu kegiatan penting untuk membangun kompetensi mahasiswa.

Menghadirkan solusi, Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad) mengembangkan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran para mahasiswa.

Laboratorium bertajuk “VNursLab” ini menjadi solusi dari keterbatasan praktikum mahasiswa akibat pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad, Hendarmawan dalam peluncuran VNursLab mengungkapkan bahwa laboratorium virtual ini merupakan salah satu wujud dari upaya Unpad menuju Hybrid University.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Ini Cara Daftar

Selain itu, laboratorium virtual ini juga akan menjadi percontohan bagi fakultas dan program studi lain untuk menciptakan inovasi serupa di masa datang.

“Sudah menjadi bagian penting bahwa di era pandemi berbagai karya perguruan tinggi, salah satunya di bidang edukasi, mengedepankan aspek teknologi dan inovasi,” ungkapnya seperti dirangkum dari laman Unpad.

Pengembangan VNursLab, menurut dia tidak hanya penting bagi pembelajaran mahasiswa keperawatan. Lebih dari itu, inovasi ini menjadi daya ungkit bagi kemajuan universitas dalam meningkatkan reputasi di tingkat internasional.

Dua produk utama VNursLab

VNursLab merupakan implementasi dari program Matching Fund Kedaireka Unpad dengan ketua tim Restuning Widiasih.

Pengembangan VNursLab sudah dilakukan sejak Juni 2021 dan berhasil rampung pada 15 Desember 2021. Konten yang disajikan telah dinilai oleh sedikitnya 30 pakar keperawatan di area pendidikan dan praktisi keperawatan di klinik.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Restu menjelaskan, produk ini telah diujicobakan pada 166 mahasiswa keperawatan dan telah dikenalkan pada berbagai forum ilmiah keperawatan tingkat nasional maupun internasional.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.