Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perisapan agar Wawancara Beasiswa Berjalan Lancar

Kompas.com - 31/12/2021, 13:05 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak hal yang harus diperhatikan ketika membaca kriteria atau persyaratan sebelum mendaftar beasiswa. Termasuk, cermat dalam melakukan persiapan. Namun, bukan hanya persiapan secara akademik, namun juga hal lain seperti wawancara.

Tahap wawancara ini penting dan biasanya menjadi kunci yang menentukan lolos atau tidaknya para calon penerima beasiswa.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membagikan enam kiat menyiapkan tahapan wawancara yang bisa dilakukan calon penerima beasiswa.

Berikut tips agar pelamar beasiswa dapat sukses dan maksimal dalam menghadapi proses wawancara:

1. Berpakaian rapi dan formal guna menciptakan impresi yang mengesankan.

Hal ini penting, karena dari pakaian juga bisa memberikan kesan kepada siapapun.

2. Postur tubuh tegap dengan posisi duduk tegak, ini membuat pewawancara terkesan dengan sikap sopan dan disiplin dari para kandidat.

Usahakan bersikap dengan tenang santun dan tidak terlihat tergesa-gesa atau terlalu banyak menggerakkan badan berlebihan.

 

3. Riset dan ketahui hal mendasar, keunggulan, dan prestasi kampus maupun jurusan untuk menunjukkan antusiasme pada pewawancara.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Ini Cara Daftar

4. Percaya diri dalam menyampaikan jawaban yang komprehensif dan terinci guna menarik minat pihak kampus atau pewawancara.

Percaya diri itu penting namun jangan sampai berlebihan karena kunci dari berhasilnya beasiswa itu adalah rasa percaya diri saat wawancara beasiswa dimulai.

5. Usahakan berkontak mata dengan cara yang alami, supaya pewawancara tetap fokus dengan jawaban yang kandidat berikan.

6. Miliki satu atau dua pertanyaan yang akan diberikan pada pihak kampus, menunjukkan bahwa kandidat punya rasa ingin tahu lebih terhadap kampus atau jurusan yang dituju.

Baca juga: Beasiswa Cargill 2022 bagi Mahasiswa S1, Tunjangan hingga Rp 35 Juta

Jangan ragu untuk bertanya dan jangan memendam pertanyaan karena malu. Akan lebih baik, kamu tahu di awal karena bertanya daripada tidak sama sekali.

Itulah enam persiapan yang perlu dilakukan oleh pelamar beasiswa. Semoga kalian para pelamar dapat mendapatkan hasil yang memuaskan dan dapat lolos beasiswa sesuai yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com