Kompas.com - 01/01/2022, 10:55 WIB
|

KOMPAS.com - Libur tahun baru menjadi hal yang paling spesial bagi siapa saja. Meski demikian, liburan tak bisa dilakukan seperti pada dua tahun yang lalu.

Tentu karena tahun lalu dan tahun ini masih pandemi Covid-19. Semua aktivitas dibatasi. Tetapi, kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai.

Jadi, liburan bisa dilakukan asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Bagi yang berencana untuk liburan, maka perlu memerhatikan beberapa hal.

Baca juga: Tips Cepat Tidur dari Fakultas Psikologi UMA

Tips aman liburan saat pandemi

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 5 tips aman liburan saat pandemi Covid-19. Tentu tips ini bagi yang tak bisa liburan saat tahun baru ini.

1. Pilih waktu di luar tanggal merah

Di waktu-waktu libur tahun baru seperti saat ini, kita bisa memprediksi bahwa tempat wisata cenderung ramai. Kamu juga bisa memantau kondisi tempat wisata yang hendak kamu tuju melalui berita-berita di internet dan media sosial.

Nah daripada mempertaruhkan kesehatan demi liburan yang penuh sesak tersebut, sebaiknya kamu menunda sejenak hingga kondisi tempat wisata sepi.

Kamu bisa memilih untuk mengambil cuti 2-3 hari untuk liburan di hari biasa. Dengan begitu, liburan jauh lebih nyaman, leluasa, dan juga meminimalisir potensi penularan Covid-19.

2. Coba tentukan tempat wisata yang sepi

Selain itu, kamu bisa memilih tempat wisata yang cenderung sepi atau menawarkan layanan private. Contohnya villa private, pantai yang jarang dikunjungi, air terjun yang masih alami, dan lainnya.

Coba diskusikan dengan anak-anak dan keluarga mengenai tempat wisata tersebut. Pilihlah yang menarik, tapi kurang dilirik, sehingga liburanmu bisa menyenangkan dan cenderung aman.

Baca juga: Mau Liburan? Cek 4 Hal Penting dari Dosen Unair

3. Pakai masker dan jaga jarak

Jika kamu sudah menentukan tempat dan waktu berwisata, selanjutnya kamu perlu memastikan aktivitas selama berwisata. Pastikan kamu dan keluarga selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.