Kompas.com - 03/01/2022, 16:39 WIB
|

KOMPAS.com - Pada 15 Desember 2021, kasus varian baru Covid-19 yakni Omicron ditemukan di Indonesia. Jika sebelumnya ada varian Delta, kini muncul Omicron.

Di berbagai penjuru dunia, varian Covid-19 bermunculan. Mulai dari varian Alpha (Inggris), Beta (Afrika Selatan), Delta (India), Gamma (Jepang/Brasil) dan lain sebagainya, sampai yang terbaru adalah varian Omicron.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pertama kali melaporkan kemunculan varian tersebut dari Afrika Selatan pada 24 November 2021.

Baca juga: Seperti Ini Contoh Bahan Makanan Sehat di Instalasi Gizi RSA UGM

Sebenarnya, apa yang membedakan varian Omicron dengan varian-varian sebelumnya dan bagaimana menyikapinya?

Cara cegah Omicron

Dokter spesialis paru-paru RSA UGM, dr. Astari Pranindya Sari, Sp.P., menjelaskan bahwa Omicron memiliki sifat dan menimbulkan gejala yang berbeda dari sebelumnya.

Astari menegaskan bahwa cara yang paling efektif untuk menghadapinya, dalam hal ini mencegahnya, tetap dengan menjaga dan menjalankan prinsip 5M protokol kesehatan.

Seperti rutin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

"Cara mencegahnya sama dengan varian-varian covid yang lalu," ujarnya seperti dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (3/1/2022).

Karena pencegahan dengan menggunakan masker, kemudian menjaga jarak, menghindari kerumunan itu betul-betul memutuskan rantai penyebaran yang paling efektif.

Baca juga: Nutrisionis RSA UGM: Ini 6 Tahapan Asuhan Gizi di Rumah Sakit

Omicron mudah menular

Ia mengatakan faktor material genetiknya virus memang cepat bermutasi. Mutasi-mutasi tersebut kemudian membentuk sifat yang berbeda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.