Kompas.com - 03/01/2022, 18:49 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk mengembangkan karier ialah dengan memperkaya keterampilan atau "soft skill". "Soft skill" adalah kemampuan yang membentuk kamu untuk berhubungan satu sama lain dan mengacu pada aspek-aspek seperti empati, kasih sayang, dan keaslian.

Orang dengan soft skill atau human skill yang kuat dapat membentuk hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja. Itulah mengapa, kemampuan ini juga berlaku di pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Skill Ini pada akhirnya berfungsi sebagai fondasi yang kuat untuk peningkatan kinerja di tempat kerja seperti inovasi, pemikiran adaptif, dan kolaborasi. Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki untuk bisa berkembang di masa depan, dilansir dari laman Binus University.

1. Empati

Memiliki empati dan kasih sayang akan menumbuhkan harmoni dan ketahanan relasional jangka panjang di tempat kerja. Empati melibatkan kepedulian yang tulus terhadap orang lain dan mampu memahami situasi dan perspektif orang lain.

Kemampuan ini mungkin tidak terpikirkan sebagai keterampilan kerja yang penting. Tetapi mampu menempatkan diri Anda pada posisi orang lain dan merasakan perasaan orang lain lebih penting dari sebelumnya untuk mengatasi tantangan ini dan tetap terhubung dan bersatu sebagai sebuah tim akan membuat hubungan tim lebih baik.

Baca juga: BCA Buka 10 Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2, Segera Daftar

2. Komunikasi

Pada era digital workspace, keterampilan berkomunikasi mungkin bisa jadi telah berubah. Komunikasi kerja kita saat telah bergeser, kita lebih sering berbicara dan berkolaborasi secara online melalui panggilan video dan obrolan grup.

Mempertahankan keterampilan komunikasi inti yang efektif baik online atau offline masih penting, berikut beberapa poin penting untuk berkomunikasi online. Berikut caranya:

  • Berlatih menjadi pendengar aktif
  • Merangkai ulang apa yang telah dikatakan untuk memperjelas makna
  • Perhatikan bahasa tubuh
  • Perjelas tentang poin yang coba sampaikan

Lingkungan kerja online memerlukan perhatian ekstra pada keterampilan tertentu. Misalnya, beberapa mencoba untuk lebih sadar mendengarkan secara aktif dan membingkai ulang apa yang dikatakan selama panggilan Zoom untuk mencegah miskomunikasi. Ada juga kebutuhan untuk lebih berhati-hati agar suara semua orang didengar.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Ini Cara Daftar

3. Adaptability

Pandemi telah menjadi pengingat yang baik untuk pembatasan pergerakan dapat diterapkan kapan saja oleh pemerintah. Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi adalah keterampilan yang penting untuk tetap optimis dalam mengatasi tantangan tak terduga, dan juga membantu kita menjadi lebih banyak akal dan inovatif dalam cara kita memecahkan masalah saat kita belajar melakukan apa yang kita miliki.

Kemampuan beradaptasi emosional dan sosial sangat penting bagi para pemimpin maupun pekerja yang sering menghadapi kepribadian dan situasi yang berbeda. Ini membutuhkan mengasah kecerdasan emosional untuk membedakan dan beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan untuk setiap keadaan untuk membuat hubungan kerja semulus mungkin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.