Kompas.com - 15/01/2022, 11:13 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa SMA/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah tentu harus melakukan persiapan. Tak hanya menentukan jurusan kuliah, memilih kampus juga penting.

Jika sudah memilih keduanya, maka harus disesuaikan dengan biaya kuliahnya. Hanya saja, kini banyak beasiswa kuliah yang ditawarkan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (Himagreen) Fakultas Pertanian Unsoed menggelar diskusi dan sharing Goes Study Aboard melalui Live Instagram tahun lalu.

Baca juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Perhatikan Dulu 7 Hal Ini

Acara menghadirkan Anisa Nur Utami, S.T., alumni Teknik Pertanian Unsoed Angkatan 2015 penerima beasiswa Global Korea Scholarship Award 2020.

Pada kesempatan itu, Anisa membagikan pengalamannya dalam memperoleh beasiswa dan menempuh studi di luar negeri.

Anisa mengungkapkan berbagai hal terkait dengan studi di luar negeri dan bagaimana meraih beasiswa. Berbagai kisah yang disampaikannya dalam mengejar mimpi & memotivasi para peserta.

Mengenai beasiswa Korea, Anisa mengungkapkan bahwa ada satu website yang menampung seluruh beasiswa yang ditawarkan pemerintah di Korea, yakni www.studykorea.go.kr.

"Karena pemerintah korea banyak over beasiswa untuk mahasiswa internasional," ujarnya seperti dikutip dari laman Unsoed.

Beasiswa di Korea ada yang dari pemerintahan seperti yang narasumber dapatkan sekarang, dan ada for student exchange.

Tips dapat beasiswa

Anisa juga membagikan tips bagaimana memilih beasiswa yang sesuai. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencari beasiswa yaitu:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.