Kompas.com - 16/01/2022, 17:28 WIB

KOMPAS.com - Bagi para siswa yang sedang melakukan registrasi akun di Portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan lupa password atau kata sandi akun mereka, bisa berpotensi akun LTMPT dibekukan.

Jika lupa atau password yang dimasukkan salah, siswa tidak bisa masuk ke akun pribadi untuk melakukan verifikasi data untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Melalui penjelasan dalam akun Instagram LTMPT, penguncian akun sementara disebabkan dari kesalahan pengisian password yang telah dilakukan maksimal lima kali. Pembekuan sementara ini hanya akan berlangsung selama 15 menit.

Baca juga: Cara Daftar Akun LTMPT untuk SNMPTN 2022 di portal.ltmpt.ac.id

Selanjutnya, LTMPT akan memberikan kesempatan kedua untuk melakukan pengisian password akun.

Namun, bila masih melakukan kesalahan pengisian password lanjutan sebanyak lima kali, akun LTMPT siswa atau sekolah akan terkunci total.

Dalam artian, peserta atau sekolah yang sudah melakukan total sepuluh kesalahan dalam pengisian password, tidak dapat lagi menggunakan akun LTMPT tersebut selamanya.

"Jika terjadi lima kali kesalahan dalam menginput password, akun siswa atau sekolah akan DIBEKUKAN SEMENTARA selama 15 menit. Sedangkan jika kesalahan password terjadi sampai lima kali lagi (total 10 kali salah password), maka akun siswa atau sekolah akan DIBEKUKAN TOTAL," tulis LTMPT.

Jika hal ini terjadi, siswa dan sekolah bisa menggunakan menu forgot password untuk menghindari akun dibekukan selamanya. Untuk langkah-langkahnya, berikut tahapannya:

1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id, lalu klik "Masuk" yang terdapat di sebelah kanan atas situs.

2. Laman login akan muncul, kemudian Anda bisa klik pada tautan "Lupa kata sandi" atau "Forgot password".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.