Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Selalu Dibutuhkan di Masa Depan

Kompas.com - 20/01/2022, 13:53 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

Sumber Ruang Guru

KOMPAS.com - Mendekati penerimaan mahasiswa baru di jenjang perguruan tinggi, siswa kelas 12 harus banyak mencari tahu tentang jurusan kuliah.

Bagi kamu yang berencana ikut Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, menentukan jurusan kuliah menjadi hal krusial yang wajib dipikirkan.

Kamu wajib mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih jurusan kuliah. Seperti mengetahui minat dan bakat hingga prospek kerja jurusan yang akan dipilih.

Di masa yang akan datang, ada beberapa jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan lho. Merangkum dari laman Ruang Guru, ada 15 jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan di masa depan. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Dua Dosen IPB Masuk dalam Top 100 Ilmuwan Indonesia

1. Psikologi

Hingga saat ini jurusan Psikologi masih jadi favorit bagi pendaftar SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. Ilmu psikologi mempelajari tingkah laku manusia serta gangguan kesehatan mental yang dialami. Di masa yang akan datang, lulusan dari jurusan Psikologi akan selalu dibutuhkan di dunia kerja.

2. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Tidak perlu diragukan lagi, lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat akan sangat dibutuhkan di masa datang. Tenaga ahli di bidang kesehatan bisa membantu menangani penyakit yang diderita manusia. Bahkan adanya pandemi Covid-19, tenaga mereka diharapkan bisa menyelesaikan pandemi ini dan mencegah datangnya pandemi lain di masa depan.

3. Keperawatan

Tak jauh beda dengan lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, profesi perawat tentunya masih akan dibutuhkan di masa yang akan datang.

Baca juga: Simak 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat dari Ditjen Dikti

4. Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan. Bidang farmasi tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja tetapi juga industri kosmetik.

5. Matematika

Sejak tahun 2020, telah terjadi kenaikan permintaan profesional di bidang matematika dan diperkirakan akan terus meningkat di masa yang akan datang. Jika kamu suka pelajaran Matematika, jurusan ini bisa kamu pertimbangkan lho.

6. Statistika

Lulusan ini banyak dicari oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Bisa dibilang Statistika adalah jurusan yang diperlukan di semua sektor.

Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis angka menjadi data. Kemampuan lulusan Statiska berkaitan dengan big data. Ahli Statistika dibutuhkan untuk mengolah data tadi menjadi sebuah informasi. Dasar-dasar serta alur pengolahan data akan dipelajari jika masuk jurusan ini.

Baca juga: Fenomena Trilingual di Media Sosial, Begini Tanggapan Pakar Bahasa UNS

7. Desain Grafis dan Seni Rupa

Tahun 2021 ini lulusan Desain Grafis maupun DKV semakin dibutuhkan. Kamu bisa bekerja dimana saja. Bahkan tanpa terikat kontrak dengan satu perusahaan alias menjadi freelancer. Sumber pendapatan yang kamu peroleh pun bisa menjadi lebih banyak.

8. Manajemen Bisnis

Mahasiswa jurusan ini bisa bekerja sebagai Business Development, Project Manager atau menciptakan lapangan kerja sendiri. Tak perlu khawatir soal peluang karier, karena lulusannya diperlukan hampir di semua sektor industri baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

9. Teknik Informatika (IT)

Negara Indonesia merupakan salah satu pengguna aplikasi mobile paling aktif di dunia, sejajar dengan Tiongkok dan Korea Selatan. Mahasiswa lulusan Teknik Informatika menguasai bahasa pemrograman, hitung-hitungan, algoritma komputer, hingga kecerdasan buatan. Sehingga lulusan jurusan Teknik Informatika tentu masih sangat dibutuhkan di masa depan.

Baca juga: SPAN PTKIN 2022 Buka Februari, Cek Tahapan Pendaftaran dan Jadwalnya

10. Cyber security

Pernah dengar berita kebocoran data yang dijual di dark web? Dengan masuk ke jurusan Cyber Security kamu bisa mencegah hal ini terjadi. Lulusan Cyber Security bisa menciptakan sistem keamanan pada suatu program yang dibuat di dunia maya. Sehingga lulusannya sangat dibutuhkan di masa depan. 

Halaman:
Sumber Ruang Guru
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com