Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unpad Ajak Alumni "Kembali ke Kampus", Jadi Inspirasi Mahasiswa Berkarier

Kompas.com - 31/01/2022, 17:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Rina Indiastuti berharap alumni kembali ke kampus untuk berkontribusi aktif dalam meningkatkan kualitas lulusan Unpad.

Alumni sukses dan berkualitas, lanjut dia, dapat menjadi inspirasi untuk mahasiswa agar dapat menjadi generasi penerus berkualitas.

Hal ini didukung dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi media bagi alumni dalam membimbing dan mendukung juniornya untuk bersama meniti karier di masa depan.

Dukungan alumni dinilai Rina sangat diperlukan dalam mencapai target SDM unggul Indonesia di tahun 2045.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Mahasiswa Unpad Jelaskan Caranya

“Kami berharap alumni bisa ikut berkontribusi. Banyak hal, gagasan, jejaring atau ide kreatif lain dari para alumni yang sangat kami nantikan,” ungkap Rektor saat memberikan paparan kunci pada acara “Psychology Alumni Campus Engagement (PACE)”, seperti dilansir dari laman Unpad.

Ia mengatakan, Unpad memiliki banyak alumni berkarier di berbagai posisi penting. Untuk itu, Rektor mengajak alumni ikut serta menebarkan manfaat lebih luas membantu meyakinkan bahwa lulusan Unpad adalah lulusan berkualitas.

Rektor membuka lebar alumni untuk kembali ke kampus. Berbagai inspirasi, nostalgia, dan pengalaman di dunia kerja dapat dibagi kepada juniornya di kampus. Hal ini disebabkan, kemampuan akademik saja tidak cukup menjadikan lulusan Unpad menjadi SDM berkualitas.

“Kami mengedepankan pentingnya karakter empati dan soft skill. Dengan demikian, akang teteh alumni dapat menjadi narasumber bagi kami,” tuturnya.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Lebih lanjut Rektor mengatakan, dalam mencapai target masuk 500 perguruan tinggi terbaik dunia, kontribusi alumni juga diperlukan. Peran serta universitas dan alumni dalam meningkatkan kualitas dan reputasi akademik terus dikomitmenkan oleh Unpad. Kualitas akademik yang baik akan menjadi jaminan mutu bagi alumni Unpad di manapun mereka berada.

“Karena itu, perluasan jejaring menjadi kunci. Alumni menjadi jejaring potensial yang dimiliki Unpad,” kata Rektor.

Dalam mendukung “kembali ke kampus”, Unpad memberikan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan alumni. Alumni dapat memanfaatkan fasilitas e-library maupun perpustakaan fisik di Pusat Pengelolaan Pengetahuan, informasi karier dan tracer study, hingga Massive Open Online Course (MOOC) yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajar sepanjang hayat.

Rektor juga menawarkan kontribusi alumni bagi pengembangan kampus berkelanjutan Unpad melalui program Dana Abadi Padjadjaran.

“Kami berharap alumni bisa ikut berkontribusi. Tidak hanya dari segi moneter. Banyak gagasan dan ide kreatif lain yang bisa dibagi kepada kami,” kata Rektor.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 6,7 Juta Per Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com