Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Mutu Siswa SMK Penerbangan, Dirjen Diksi Hibahkan Pesawat KR-02

Kompas.com - 02/02/2022, 19:20 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Guna meningkatkan kualitas mutu lulusan SMK khususnya jurusan penerbangan, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto secara resmi menghibahkan sebuah pesawat terbang berawak dua, yaitu Pesawat KR-02 kepada SMK Muhammadiyah 2 Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Siswa SMK jurusan penerbangan kalau belajar sebagai calon teknisi pesawat, ya, jangan hanya dengan membaca buku saja, harus pegang langsung pesawat aslinya. Pesawat yang dirancang dan dibangun Almarhum Bapak di rumah kami ini semoga bermanfaat bagi SMK yang memiliki jurusan penerbangan,” harap Wikan dalam sambutannya, seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Wikan mengatakan, pesawat telah dimanfaatkan oleh sekolah untuk melatih para siswanya sebagai calon teknisi pesawat terbang.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Pesawat berawak dua orang ini dirancang dan dibangun oleh almarhum ayah Wikan Sakarinto, Kemal Singgih bersama teman karibnya yakni mantan atlet terbang layang sekaligus penghobi dirgantara, Heru Rudiyanto.

Heru Rudiyanto sendiri dikenal sebagai pilot dan atlet terbang layang yang sempat meraih medali perunggu dan perak dalam berbagai ajang PON di masa lampau.

Ditambah lagi, sosok pecinta olahraga dirgantara tersebut beberapa waktu lalu juga menghibahkan pesawat lain dengan jenis yang sama ke SMK di Medan, Sumatera Utara.

Adapun spesifikasi mesin pesawat memakai mesin Volkswagen (VW) dengan konstruksi badan pesawat dari kayu yang sudah diolah khusus dipadukan logam ringan maupun fiber.

Selain itu, instrumen pesawat juga terbilang lengkap dari pengukur ketinggian terbang, spidometer, throttle, dan lain-lain sehingga memenuhi spesifikasi yang layak terbang.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

"Saya ingin terus membangkitkan semangat Ibu, dengan menghadirkan Ibu saya untuk melihat hasil hobi berat mendiang suaminya, karya Almarhum Bapak kami sekarang bermanfaat bagi banyak orang, generasi penerus bangsa," ucap Wikan mewakili keluarga besarnya.

Acara hibah ini turut dihadiri Ibunda Wikan Sakarinto, Edi Hartati, beserta empat dari enam orang putranya.

Setelah prosesi serah terima, Wikan sempat mencoba naik ke dalam ruang kemudi KR-02, serta menghidupkan mesin pesawat yang membuat baling-baling berputar kencang, selayaknya siap untuk diterbangkan. Mesin pesawat serta sistem kemudinya ternyata masih berfungsi dengan baik.

"Saya ingin terus membangkitkan semangat ibu, dengan menghadirkan ibu saya untuk melihat hasil hobi berat mendiang suaminya, karya Almarhum Bapak kami sekarang bermanfaat bagi banyak orang, generasi penerus bangsa," papar dia.

Kehadiran Dirjen Wikan di SMK Muhammadiyah 2 Salam ini juga untuk menyaksikan implementasi kerja sama jurusan audiovisual di SMK tersebut dengan Polytron.

Baca juga: Cerita Lulusan SMK Buka Bisnis Kuliner Beromzet Rp 150 Juta Per Bulan

“Kerja sama dengan Polytron dengan SMK ini mencakup kurikulum yang dibuat bersama, expert dari Polytron yang mengajar di SMK, magang guru dan siswa di Polytron, bantuan peralatan pembelajaran praktik dari Polytron, serta komitmen Polytron untuk menyerap lulusan SMK,” terang Wikan.

“Harapannya, kerja sama antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha, industri maupun kerja akan terus berlanjut secara optimal di berbagai wilayah,” pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com