Kompas.com - 02/02/2022, 19:20 WIB

KOMPAS.com - Guna meningkatkan kualitas mutu lulusan SMK khususnya jurusan penerbangan, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto secara resmi menghibahkan sebuah pesawat terbang berawak dua, yaitu Pesawat KR-02 kepada SMK Muhammadiyah 2 Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Siswa SMK jurusan penerbangan kalau belajar sebagai calon teknisi pesawat, ya, jangan hanya dengan membaca buku saja, harus pegang langsung pesawat aslinya. Pesawat yang dirancang dan dibangun Almarhum Bapak di rumah kami ini semoga bermanfaat bagi SMK yang memiliki jurusan penerbangan,” harap Wikan dalam sambutannya, seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Wikan mengatakan, pesawat telah dimanfaatkan oleh sekolah untuk melatih para siswanya sebagai calon teknisi pesawat terbang.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Pesawat berawak dua orang ini dirancang dan dibangun oleh almarhum ayah Wikan Sakarinto, Kemal Singgih bersama teman karibnya yakni mantan atlet terbang layang sekaligus penghobi dirgantara, Heru Rudiyanto.

Heru Rudiyanto sendiri dikenal sebagai pilot dan atlet terbang layang yang sempat meraih medali perunggu dan perak dalam berbagai ajang PON di masa lampau.

Ditambah lagi, sosok pecinta olahraga dirgantara tersebut beberapa waktu lalu juga menghibahkan pesawat lain dengan jenis yang sama ke SMK di Medan, Sumatera Utara.

Adapun spesifikasi mesin pesawat memakai mesin Volkswagen (VW) dengan konstruksi badan pesawat dari kayu yang sudah diolah khusus dipadukan logam ringan maupun fiber.

Selain itu, instrumen pesawat juga terbilang lengkap dari pengukur ketinggian terbang, spidometer, throttle, dan lain-lain sehingga memenuhi spesifikasi yang layak terbang.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

"Saya ingin terus membangkitkan semangat Ibu, dengan menghadirkan Ibu saya untuk melihat hasil hobi berat mendiang suaminya, karya Almarhum Bapak kami sekarang bermanfaat bagi banyak orang, generasi penerus bangsa," ucap Wikan mewakili keluarga besarnya.

Acara hibah ini turut dihadiri Ibunda Wikan Sakarinto, Edi Hartati, beserta empat dari enam orang putranya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.