Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Sukses Masuk PTN ala Prof Nizam

Kompas.com - 04/02/2022, 08:28 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab, proses untuk dapat masuk di PTN juga tidak mudah.

Karenanya, calon mahasiswa harus dapat mempersiapkan diri dengan baik jika ingin kuliah di PTN. Lantas, bagaimana caranya agar bisa lolos seleksi masuk PTN?

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek Prof. Nizam memberikan tips sukses masuk PTN bagi calon mahasiswa dalam Silaturahmi Merdeka Belajar secara daring dari kanal Youtube Kemendikbud Ristek, Kamis (3/2/2022).

Baca juga: Ini Rincian Biaya Kuliah 5 PTN di Yogyakarta

Tips sukses masuk PTN

Menurut Prof. Nizam, calon mahasiswa harus menyiapkan diri sejak dini. Caranya ialah dengan belajar yang tekun dan rajin.

"Jangan berpikir bahwa masuk ke PTN itu harus ikut tes, bimbel atau les, kalau adik-adik ini belajar dengan sungguh-sungguh seluruh pelajaran di sekolahnya maka itu menjadi bekal paling penting untuk masuk di PTN," tutur Prof. Nizam.

Ia juga menjelaskan bahwa proses masuk PTN melalui tiga jalur, yakni:

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  • Jalur Mandiri

1. Jalur SNMPTN

Di jalur ini atau jalur undangan berdasarkan capaian prestasi selama duduk di bangku SMA/MA/SMK.

Tak hanya capaian rapor saja tetapi juga capaian portofolio prestasi yang diukir selama SMA/SMK. "Jangan lupa untuk meraih prestasi selama duduk di bangku SMA/MA/SMK," ujarnya.

Baca juga: 15 PTN Penerima KIP Kuliah Terbanyak di SNMPTN 2021

2. Jalur SBMPTN

Pada jalur kedua ini untuk mengukur kesiapan dari berbagai macam subyel yang diujikan. Di antaranya tes skolastik. Ujian berbagai berbagai macam pelajaran merupakan kunci keberhasilan belajar di PT itu.

"Yang penting kalian belajar dengan serius dan sungguh-sungguh sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di sekolah," pesan Prof. Nizam.

3. Jalur Seleksi Mandiri

Sedangkan jalur ketiga ialah jalur seleksi mandiri dari masing-masing PTN. Ini digelar setelah jalur SBMPTN selesai.

Pada kesempatan itu, Prof. Nizam juga menegaskan bahwa persaingan ketat jalur seleksi PTN ini, maka rasio yang diterima tidak sebanding dengan jumlah pendaftar.

Atau ketersediaan bangku di PTN sangat sedikit. Bahkan di prodi tertentu atau favorit, pendaftar bisa ratusan untuk memperebutkan satu bangku kuliah.

Untuk itulah, Prof. Nizam juga berpesan agar calon mahasiswa harus membuka mata dan pengetahuan secara luas. Ini bisa dilakukan dengan bertanya kepada sanak saudara, tetangga, kakak atau orang yang sudah sukses.

"Jangan bertanya pada yang baru mendaftar di PTN, tapi bertanyalah kepada orang yang sudah sukses dan berhasil," kata Nizam.

Baca juga: Ikut SNMPTN 2022? Ini 15 PTN Penerima Terbanyak Peserta di 2021

Prof. Nizam juga menyebut bahwa calon mahasiswa juga harus menyesuaikan dengan cita-citanya, ketahui passion baru nanti menentukan jurusan kuliah apa yang ingin diambil.

"Coba ketahui latar belakangnya seperti apa. Jangan hanya katanya-katanya saja. Lihat orang sudah berhasil itu kuliah di mana. Karena belum tentu orang berhasil jadi pengusaha itu dari Sarjana Ekonomi atau Manajemen. Tapi tanya juga dari jurusan lain," tandas Prof. Nizam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com