Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politeknik Teknologi Nuklir BRIN Kasih Kuliah D4 Gratis, Ini Syaratnya

Kompas.com - 06/02/2022, 10:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi pendidikan tinggi Diploma 4 (D4) dengan bebas biaya, Politeknik Teknologi Nuklir BRIN, Yogyakarta, menawarkan hal itu.

Dilansir dari laman resmi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Plt. Deputi Bidang SDM Iptek, Edy Giri Rachman Putra mengatakan, pada tahun akademik 2022/2023, BRIN mengeluarkan kebijakan biaya kuliah nol rupiah untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Teknologi Nuklir.

Melalui kebijakan ini diharapkan para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan riset semakin banyak.

"Diharapkan dengan kebijakan ini mahasiswa Politeknik lebih banyak terlibat dalam kegiatan riset yang dilakukan BRIN dalam rangka penguatan kapasitas, baik dari sisi akademik maupun keterampilan. Sekaligus juga bentuk implementasi merdeka belajar, sehingga pembelajaran dapat lebih banyak dilakukan di luar kampus,” jelas Edy, dilansir dari laman BRIN.

Baca juga: 5 Kampus Luar Negeri Jurusan Kedokteran dengan Rekomendasi Beasiswa

Kebijakan biaya kuliah nol rupiah, menurut Edy, akan diimplementasikan secara terus menerus, sambil dilakukan evaluasi.

“Kebijakan ini akan dilakukan terus menerus dan akan evaluasi untuk melihat bagaimana dampak dari kebijakan tersebut,” tambahnya.

Edy menegaskan, kebijakan ini merupakan bentuk engagement pembinaan dini untuk pengembangan talenta nasional dalam bidang riset dan inovasi.

Hal ini dikarenakan mahasiswa memiliki kesempatan/keterlibatan yang lebih banyak untuk melakukan kegiatan riset di BRIN, akses ke fasilitas maupun membantu para periset di BRIN termasuk melakukan invensi dan inovasi yang mungkin dapat dimanfaatkan di dunia kerja setelah mereka lulus.

“Dengan kebijakan tersebut harapannya akan dapat menggairahkan dan menguatkan atmosfir akademik di kampus dari sisi pembelajaran, penelitian atau riset termasuk juga pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa,” jelasnya.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah dengan Uang Saku di Atas Rp 10 Juta

Plt. Direktur Politeknik Teknologi Nuklir, Muhtadan menjelaskan, kebijakan biaya kuliah nol rupiah ini mencakup biaya pendaftaran mahasiswa baru dan uang kuliah setiap semester selama studi di Politeknik Teknologi Nuklir.

Kebijakan ini dilaksanakan dengan menyediakan seluruh biaya operasional penyelenggaraan pendidikan bagi seluruh mahasiswa di Poltek Nuklir, sehingga mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan selama masa studi.

“Lulusan Politeknik Teknologi Nuklir juga akan dibekali dengan sertifikat kompetensi tambahan seperti petugas proteksi radiasi (PPR) Industri dan Medik, Operator perangkat NDT (Radiografi dan UT)," ujarnya.

Selain itu, mahasiswa Politeknik Teknologi Nuklir akan diberikan kesempatan untuk menjadi research assistant pada pusat penelitian di BRIN.

"Kemudian alumni Politeknik Teknologi Nuklir juga mendapat kesempatan untuk mengambil beasiswa Degree by Research untuk jenjang S2 hingga S3 dengan biaya dari BRIN,” tambahnya.

Baca juga: Telur Puyuh Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Dosen IPB

Jurusan dan Program Studi Politeknik Teknologi Nuklir BRIN

Politeknik Nuklir memiliki dua Jurusan dan tiga program studi (Prodi), yaitu:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com