Kompas.com - 06/02/2022, 17:12 WIB

KOMPAS.com - Berkat perjuangan RA Kartini, saat ini kalangan perempuan juga mendapatkan pengakuan dan kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki.

Di jenjang perguruan tinggi pun jurusan kuliah yang identik dengan anak laki-laki juga banyak dipilih oleh anak perempuan.

Di era revolusi industri 4.0 merupakan momen yang harus dimanfaatkan karena merupakan kesempatan bagi kalangan perempuan untuk turut membuktikan kompetensinya.

Merangkum dari akun Instagram Quipper Campus, Minggu (6/2/2022), ada 6 jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh kalangan perempuan. Setelah lulus, 6 jurusan ini bisa mendatangkan peluang kerja yeng terbuka lebar bagi kalangan perempuan. Yuk ketahui bersama 6 jurusan kuliah yang mendatangkan peluang kerja luas bagi perempuan.

Baca juga: Mahasiswa, Yuk Kenali Ciri Covid-19 Varian Omicron dan Pencegahannya

Jurusan kuliah datangkan peluang kerja luas bagi perempuan

1. Jurusan desain interior

Jurusan Desain Interior mempelajari perancangan dan perencanaan tata ruang dalam bangunan yang erat kaitannya dengan unsur estetika, fungsi, dan kenyamanan bagi pemilik atau pengguna ruangan. Beberapa desain interior perempuan terkenal di Indonesia seperti Yuni Jie, Ni Wayan Melati Blanca Danes dan Shirley Gouw. 

2. Jurusan Pendidikan

Ada banyak program studi yang bisa dipilih di bidang pendidikan. Seperti Pendidikan Guru, Bimbingan dan Konseling hingga yang lebih spesifik pendidikan PAUD. Bidang pendidikan memang sangat terbuka luas bagi kalangan perempuan. Terbukti sejak dulu hingga sekarang banyak profesi guru merupakan kalangan perempuan.

Baca juga: Referensi SNMPTN 2022, Cek Jurusan Sepi Peminat di 8 Universitas Top

3. Jurusan Kosmetologi/Tata Rias

Profesi Makeup Artist (MUA) profesional saat ini banyak dibutuhkan. Tidak hanya untuk kebutuhan make up di hari besar seperti pernikahan. Namun jasa MUA juga banyak dicari saat acara tertentu seperti wisuda, pemotretan dan lain sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.