Kompas.com - 11/02/2022, 07:57 WIB
|

KOMPAS.com - Di awal tahun, calon mahasiswa akan disibukkan dengan pilihan jurusan kuliah serta kampus. Tentu, memilih jurusan kuliah tidak bisa sembarangan.

Tapi bagi kamu yang suka traveling atau bepergian, maka bisa mengambil jurusan kuliah yang pas dengan hobimu. Jurusan apa saja itu?

Tentu, jurusan kuliah ini memang menawarkan lebih banyak praktik dari pada teori. Jadi, kamu pasti bakal sibuk untuk kegiatan di luar kelas, termasuk bisa traveling ke sana ke mari.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang suka traveling

Melansir laman Aku Pintar, Kamis (10/2/2022), ini pilihan 5 jurusan kuliah yang suka traveling:

1. Pariwisata

Jurusan kuliah Pariwisata pasti masuk opsi kalau kamu suka traveling. Namanya saja wisata, masak kuliahnya enggak ke tempat-tempat wisata?

Tentu ada benarnya juga, selain kuliah di kampus, mahasiswa Pariwisata juga bakal ketambahan tugas praktikum di tempat-tempat pariwisata. Tugasnya macem-macem, bisa berupa melihat aksesibilitas, ngitung tong sampah dan kamar mandi, sampai menghitung jembatan menuju ke suatu tempat wisata.

Untuk satu desinasi wisata saja, kamu bisa menghabiskan waktu seminggu, setiap hari, dari pagi sampai sore. Begitulah, Pariwisata memang salah satu pilihan jurusan kuliah anak traveling.

2. Hubungan Internasional

Jika kamu mencari jurusan kuliah yang bisa keluar negeri, sebenarnya Hubungan Internasional tidak serta merta bisa menjadi jawabannya. Pasalnya, perkuliahan dijurusan ini pada umumnya terdiri dari penjelasan dosen yang kemudian diikuti dengan praktik diplomasi.

Namun yang pasti, inilah jurusan kuliah yang banyak prakteknya. Rutinitas mahasiswa Hubungan Internasional enggak jauh-jauh dari kegiatan kelompok dan memperdebatkan suatu tema tertentu. Terus, kapan traveling-nya?

Alumni Hubungan Internasional dikenal dengan prospek kerja luar negerinya meskipun peluang tersebut tidak seakurat ilmu pasti. Kementerian Luar Negeri pun menentukan kriteria jurusan calon diplomat sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.