Kompas.com - 15/02/2022, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan. Peningkatan ini tak terlepas karena adanya varian baru Omicron.

Karena tingginya kasus positif Covid-19 ini pula pembelajaran tatap muka (PTM) yang semula sudah berjalan 100 persen kini berubah kembali menjadi 50 persen.

Hal ini untuk mencegah risiko terpaparnya baik siswa maupun guru saat mengikuti PTM 100 persen.

Kalangan anak-anak memiliki risiko terinfeksi varian Omicron. Kasus pada anak melonjak drastis pada awal Januari 2022 lalu.

Baca juga: UTBK SBMPTN 2022: Cek Cara Registrasi Akun LTMPT, Syarat dan Jadwalnya

Gejala anak terpapar Omicron

Ditemukan 324 kasus hingga 7 Februari 2022 meningkat 1.000 persen di angka 7.190 anak positif Covid-19.

Sehingga orangtua harus mewaspadai dan tidak menyepelekan masalah kesehatan serta mengetahui cara pencegahan penularan Covid-19 varian Omicron pada anak.

Pakar kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Gina Noor Djalilah menjelaskan ciri-ciri gejala Covid-19 pada anak relatif mirip flu karena penyakit ini menyerang saluran pernapasan bagian atas.

"Gejala pada anak yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron yang dilaporkan seperti demam, batuk, batuk mengonggong dengan suara parau, pilek, nyeri tenggorokan, ruam hingga diare," terang Gina yang juga sekaligus dosen spesialis anak Fakultas Kedokteran (FK) seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Selasa (15/2/22).

Baca juga: Djarum Buka Lowongan Kerja S1 Fresh Graduate, Buruan Daftar

Langkah yang perlu dilakukan orangtua

Menurutnya, menyikapi kondisi ini, orangtua jangan terlalu panik. Langkah awal yang bisa dilakukan orangtua dengan memberikan obat penurun demam.

"Orangtua juga bisa memberikan minum yang banyak dan kenali gejala anak yang harus di bawa ke rumah sakit, agar segera bisa dilakukan swab antigen terlebih dahulu," beber Gina.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.