Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog: Mengenal Potensi Diri Jadi Salah Satu Kunci Sukses Mahasiswa

Kompas.com - 22/02/2022, 20:08 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Fokus dalam mengenali beragam potensi yang dimiliki bisa menjadi langkah awal mahasiswa untuk menggapai kesuksesan di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Psikolog Mitra Optima Talenta, Veny Hidayat dalam kegiatan sosialisasi dan peningkatan motivasi belajar mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) penerima KIP Kuliah, pekan lalu.

Veny memaparkan bahwa potensi diri adalah kemampuan diri yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan.

Menurutnya, potensi dasar yang wajib dimiliki individu termasuk mahasiswa untuk bisa sukses adalah karakter yang kuat berupa kejujuran, disiplin, berani dan gigih.

Baca juga: Mau Masuk UNY 2022? Dapatkan Strateginya di Webinar Kompas.com x UNY

Diungkapkannya bahwa untuk menggapai sukses juga diperlukan 7 area soft skills yang meliputi kemampuan berkomunikasi dan berorganisasi, kepemimpinan, logika, upaya, group skills dan etika.

Trainer dan konsultan sumber daya manusia tersebut kemudian menjelaskan, selain mengasa potensi, mahasiswa juga perlu memiliki impian. Impian sendiri diartikan sebagai cita-cita yang tinggi dan luar biasa yang ingin diwujudkan sehingga rela berkorban dengan maksimal.

“Kalau berhasil maka hati puas dan bahagia,” katanya seperti dilansir dari rilis UNY.

Terkait dengan kemungkinan adanya kegagalan dalam menggapai mimpi, Veny juga mengingatkan bahwa takdir yang terjadi tidak bisa diubah, namun ia menegaskan bahwa apa yang akan terjadi masih bisa diubah dengan takwa, silaturahim dan doa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Lantip Diat Prasojo berharap dengan kegiatan ini mahasiswa bisa belajar dengan rajin, segera lulus dan mendapat pekerjaan atau berwirausaha.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

"Mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi UNY selama kuliah karena banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjang kinerja kemahasiswaan," paparnya.

Ia mengatakan, bidang kemahasiswaan UNY menempati peringkat 5 nasional, oleh karena itu bidang kemahasiswaan siap mendukung kegiatan para mahasiswa dalam bidang penalaran, seni, olahraga, kesejahteraan dan minat khusus.

Selain itu juga ada kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan prestasi mandiri.
Mahasiswa juga berkesempatan mengikuti lomba yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) tingkat nasional maupun internasional di antaranya Kompetisi Mobil Hemat Energi atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com