Kompas.com - 03/03/2022, 09:25 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu penyakit tak menular namun cukup ganas, kanker juga banyak diidap oleh anak-anak. Karena itu, jika ada gejala harus segera ditangani dengan baik.

Gejala kanker pada anak menjadi salah satu hal yang kerap tidak disadari oleh para orangtua, sehingga orangtua perlu mengenali gejala kanker pada anak sejak dini.

Hal ini dilakukan agar langkah penanganan dapat dengan tepat dilakukan dan potensi keberhasilan akan penyakit kanker meningkat.

Baca juga: Ini 6 Gejala Kanker pada Anak dari Akademisi UGM

Menurut dr. Yetty Movieta Nency, Sp.A(K), selaku dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro (RSND Undip), deteksi dini kanker dan mengenal gejala awalnya sangat penting.

"Orang tua, masyarakat ataupun tenaga kesehatan, Primary Health Care atau pelayanan dasar harus benar-benar memahami, terutama keluarga," ujarnya dikutip dari laman Undip, Selasa (1/3/2022).

Cara deteksi dini kanker

Adapun tanda-tanda bahaya pada anak ialah:

1. perutnya membesar

2. berkurangnya penglihatan

3. ada benjolan di leher atau pucat

"Awareness dari keluarga sangat utama dalam melihat kondisi anak," imbuh dr. Yetty.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.