Kompas.com - 03/03/2022, 11:47 WIB

KOMPAS.com - Keterampilan menjahit jika ditekuni serius akan menghasilkan penghasilan yang cukup besar.

Keterampilan menjahit tidak hanya ditekuni oleh kalangan perempuan, banyak juga penjahit pria yang memiliki keterampilan tak kalah bagus.

Dengan memiliki keterampilan menjahit, kamu bisa membuat baju sendiri, Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu bisa membuka peluang usaha dari keterampilan menjahit ini.

Sebagai suatu keterampilan, menjahit bisa dipelajari. Baik melalui pendidikan formal maupun nonformal, di lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Di Indonesia, LKP yang mengajarkan kompetensi menjahit sangat mudah dijumpai.

Baca juga: Perusahaan Tambang Emas Ini Buka Lowongan bagi S1, Buruan Daftar

Tips memilih kursus menjahit

Salah satu LKP yang bisa dipilih masyarakat yang berada di Semarang, Jawa Tengah yaitu LKP Eka Mulya.

Hingga saat ini LKP Eka Mulya berhasil meluluskan ribuan penjahit yang bekerja di industri garmen hingga melahirkan banyak pengusaha butik.

Berikut tips yang dibagikan pemilik LKP Eka Mulya Hartini dalam memilih LKP menjahit yang sesuai.

1. Sesuaikan dengan tujuan kursus

Hartini mengatakan, pertimbangan ini menyangkut pada tujuan kursus menjahit, apakah untuk bekerja di industri garmen, sekadar hobi, atau ingin membuka usaha butik.

"Pertimbangan ini akan membantu untuk menentukan kebutuhan kursus menjahit yang ingin didalami," jelas Hartini seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Kebudayaan (Kemendikbud Ristek), Kamis (3/3/2022).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.