Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI untuk Seleksi PTN 2023

Kompas.com - 04/03/2022, 09:22 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 akan segera berlangsung. Menentukan jurusan kuliah atau program studi dapat menjadi langkah yang kamu siapkan sejak sekarang.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) menjadi salah satu tes kepribadian yang paling populer, membagi kepribadian manusia menjadi 16 jenis. Tes ini bisa menjadi salah satu cara untuk mempertimbangkan jurusan kuliah.

Tes ini pada dasarnya membagi kepribadian individu berdasarkan beberapa dikotomi kategori yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P), sehingga dihasilkan 16 tipe kepribadian berdasarkan kombinasi, seperti nESFP, INTJ, dan lain-lain.

Diperkirakan, setiap tahunnya sebanyak 1,5 juta orang melakukan tes kepribadian ini. Hasil tes digunakan oleh berbagai instansi, mulai dari universitas hingga perusahaan untuk menyeleksi dan menempatkan karyawannya berdasarkan tes tersebut.

Baca juga: 5 Kota di Pulau Jawa dengan Biaya Hidup Murah bagi Mahasiswa

Bila kamu pernah melakukan tes MBTI melalui laman 16personalities, Quipper Campus menjabarkan sejumlah rekomendasi pilihan jurusan sesuai MBTI sebagai referensi pilih jurusan kuliah di Seleksi Masuk PTN 2023

Meski begitu, ada banyak pertimbangan yang juga harus dilakukan dalam menentukan jurusan kuliah, seperti minat dan bakat, keketatan sebuah prodi, menyesuaikan dengan kemampuan, hingga biaya.

Berikut adalah rekomendasi jurusan kuliah sesuai tipe kepribadian MBTI, merangkum laman Quipper Campus:

1. ISTJ

ISTJ ini adalah pekerja keras, yang menghargai tanggung jawab dan komitmen masing-masing. ISTJ adalah orang yang fokus dan bisa diandalkan, serius, objektif, dan praktis.

Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ISTJ adalah akuntansi, teknik komputer, ilmu pemerintahan, sekolah kepolisian, kedokteran. Kamu nantinya bisa jadi akuntan, polisi, hakim, dokter, programmer, dan pegawai negeri sipil.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

2. ISFJ

Buat kamu para ISFJ, adalah orang yang sederhana tapi berkeinginan tinggi dan suka membantu banyak orang. Para ISFJ kurang cocok dalam menjadi pemimpin, tapi selalu bisa diandalkan dalam menjadi kaki tangan pemimpin tersebut.

Jurusan kuliah yang bisa kamu ambil adalah kedokteran, pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), ilmu perpustakaan, kesejahteraan sosial, psikologi. Prospek kerjanya pun enggak terbatas. Kamu bisa jadi guru, pustakawan, pemilik bisnis, pekerja sosial, dan masih banyak lagi.

3. ESTJ

ESTJ adalah mereka para realis yang mampu berpikir cepat dan praktis. Mereka sangat bagus dalam menjadi pemimpin karena bersifat energik, ramah, tapi efisien dalam bekerja.

Jurusan kuliah yang bisa kamu coba adalah farmasi, hukum, bisnis, sekolah militer, dan keguruan. Kamu nantinya bisa bekerja di berbagai bidang. Seperti jadi tentara, polisi, pengacara, analis, dan guru. Atau kalau mau bekerja yang menyenangkan, karena sifat pemimpin kamu yang energik, kamu bisa banget untuk jadi koordinator fans club idol Korea favorit kamu.

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri 2022

4. ESFJ

Tipe kepribadian seperti ini cenderung aktif, bersahabat, energik, penuh kasih sayang, dan peduli kepada orang lain.

Jurusan kuliah yang cocok buat kamu adalah, pariwisata, psikologi, ekonomi, keperawatan, dan keguruan. Kamu nantinya cocok banget bekerja sebagai psikolog konselor, perawat, guru, dan pekerja sosial. Karena sifat kamu yang penuh kasih sayang dan peduli pada orang lain, kamu bisa juga lho untuk aktif di berbagai kegiatan sukarelawan yang asyik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com