Kompas.com - 04/03/2022, 09:22 WIB

KOMPAS.com - Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) menjadi salah satu tes kepribadian yang paling populer, membagi kepribadian manusia menjadi 16 jenis.

Tes ini pada dasarnya membagi kepribadian individu berdasarkan beberapa dikotomi kategori yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Percieving (P), sehingga dihasilkan 16 tipe kepribadian berdasarkan kombinasi, seperti nESFP, INTJ, dan lain-lain.

Diperkirakan, setiap tahunnya sebanyak 1,5 juta orang melakukan tes kepribadian ini. Hasil tes digunakan oleh berbagai instansi, mulai dari universitas hingga perusahaan untuk menyeleksi dan menempatkan karyawannya berdasarkan tes tersebut.

Baca juga: 5 Kota di Pulau Jawa dengan Biaya Hidup Murah bagi Mahasiswa

Bila kamu pernah melakukan tes MBTI melalui laman 16personalities, Quipper Campus menjabarkan sejumlah rekomendasi pilihan jurusan sesuai MBTI sebagai referensi pilih jurusan kuliah di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Meski begitu, ada banyak pertimbangan yang juga harus dilakukan dalam menentukan jurusan kuliah, seperti minat dan bakat, keketatan sebuah prodi, menyesuaikan dengan kemampuan, hingga biaya.

Berikut adalah rekomendasi jurusan kuliah sesuai tipe kepribadian MBTI, merangkum laman Quipper Campus:

1. ISTJ

ISTJ ini adalah pekerja keras, yang menghargai tanggung jawab dan komitmen masing-masing. ISTJ adalah orang yang fokus dan bisa diandalkan, serius, objektif, dan praktis.

Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ISTJ adalah akuntansi, teknik komputer, ilmu pemerintahan, sekolah kepolisian, kedokteran. Kamu nantinya bisa jadi akuntan, polisi, hakim, dokter, programmer, dan pegawai negeri sipil.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

2. ISFJ

Buat kamu para ISFJ, adalah orang yang sederhana tapi berkeinginan tinggi dan suka membantu banyak orang. Para ISFJ kurang cocok dalam menjadi pemimpin, tapi selalu bisa diandalkan dalam menjadi kaki tangan pemimpin tersebut.

Jurusan kuliah yang bisa kamu ambil adalah kedokteran, pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), ilmu perpustakaan, kesejahteraan sosial, psikologi. Prospek kerjanya pun enggak terbatas. Kamu bisa jadi guru, pustakawan, pemilik bisnis, pekerja sosial, dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.