Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unair: 10 Keahlian Ini Semakin Banyak Dicari Perusahaan

Kompas.com - 04/03/2022, 19:51 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Lembaga Pengembangan Manajemen dan Bisnis (LPMB) Universitas Airlangga (Unair), Windijarto mengatakan bahwa untuk mencapai kesejahteraan, pekerja memerlukan skills penunjang sesuai dengan perusahaannya.

Windijarto mengungkapkan, pada 2022 ketahanan dan kemampuan beradaptasi menjadi salah satu skill yang sangat diperlukan.

Selain itu, kemampuan dalam teknologi diperlukan dalam era digital ini dan pada tahun-tahun mendatang.

“Kemudian, kemampuan berkomunikasi, emotional intelligence, cross-functional collaboration, leading through change,” tuturnya dalam webinar bertajuk Preparing Human Capital for 2022 and Beyond, Rabu (2/3/2022), seperti dalam lama Unair.

Baca juga: Astra Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1-S2 Berbagai Jurusan

Ia menambahkan, menjadikan sebuah perubahan sebagai peluang dan dapat mengelolanya dengan baik juga merupakan kemampuan yang banyak dicari oleh perusahaan saat ini.
Kemudian, mengelola stres pada era ini sangat penting karena beban yang semakin bertambah.

“Lalu, manajemen waktu dan terakhir kreativitas,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia, Sofyan Rohidi mengungkapkan bahwa sumber daya manusia (SDM) perlu mempersiapkan perubahan dalam menghadapi transformasi digital.

“SDM harus mampu beradaptasi dengan perubahan. Mampu memahami dan mempelajari hal-hal baru dengan cepat. Jangan hanya menerima, tapi terus mencari tahu,” terangnya.

Sofyan melanjutkan, SDM juga harus mampu bertahan dan berprestasi dalam kondisi apapun. SDM juga dituntut untuk dapat bekerja sama dengan siapapun.

“Talenta hebat harus kita siapkan, tidak muncul tiba-tiba. Harus dilakukan dan dibina sejak awal kuliah. Tidak hanya diberikan hard skills, kampus juga perlu memberi soft skills,” tuturnya.

Baca juga: BCA Buka 10 Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2, Segera Daftar

Selanjutnya, Windijarto juga membahas tentang kesejahteraan pekerja. Menurutnya, penerapan kesejahteraan pekerja dalam sebuah perusahaan akan menurunkan angka pengunduran diri. Terlebih pada generasi Z yang memprioritaskan manfaat kesejahteraan dalam memilih pekerjaan baru.

Lebih lanjut Dr Windijarto menjelaskan, ada lima hal yang diharapkan para pekerja. Pertama, finansial well-being yang meliputi semua kompensasi, dana pensiun, hingga dana kesehatan dan pendidikan.

“Lalu, mental health well-being. Kesehatan itu penting, terutama kesehatan mental. Perusahaan besar harus mulai menyiapkan untuk mental health,” tukasnya.

Selanjutnya, social well-being yang meliputi kebiasaan dari suatu perusahaan hingga keseimbangan dalam kehidupan kerja. Bukan hanya itu, physical well-being dan career well-being juga perlu diperhatikan oleh perusahaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com