Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Perlu Mengambil S2 dan S3? Ini Kata Pakar ITS

Kompas.com - 15/03/2022, 11:48 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Sebagian besar orang beranggapan bahwa jenjang pendidikan strata dua (S2) hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi dosen.

Tetapi, ada alasan lain mengapa kamu perlu mengambil S2 atau S3. Prof. Heri Kuswanto selaku Direktur Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjelaskan alasannya.

Heri menjelaskan, pemikiran bahwa melanjutkan pendidikan S2 akan selalu menjadi dosen ini disebabkan oleh faktor lingkungan.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Misalnya ketika seorang anak akan menempuh pendidikan S2 dan meminta izin kepada orang tuanya, sering kali mereka mendapatkan jawaban berupa berupa pertanyaan apakah ingin menjadi dosen.

Menurut Heri, pendidikan S2 hingga S3 itu memang penting bagi mereka yang sudah memutuskan tujuan untuk berkiprah di ranah akademik.

Karena untuk menjadi dosen harus memenuhi persyaratan minimal S2. Bahkan, ada beberapa perguruan tinggi yang mensyaratkan bagi calon pengajarnya telah menyelesaikan studi S3.

Di sisi lain, jika melihat kondisi Indonesia, kebanyakan perusahaan itu memang didominasi oleh lulusan S1. Jarang dijumpai di Indonesia lulusan S2 yang bekerja selain di ranah akademik, apalagi untuk lulusan S3.

“Padahal di negara maju, lulusan S3 itu sudah biasa untuk bekerja di perusahaan,” Ujar Heri, dilansir dari laman ITS saat mengisi acara. 

Kendati demikian, bagi seseorang yang bekerja bukan di ranah akademik dan wirausahawan menamatkan studi hingga jenjang S2 ataupun S3 bukan suatu hal yang salah.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Karena dengan melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi tersebut kadang seseorang akan menemukan hal baru yang tak mereka temukan di dalam pekerjaan mereka.

“Yang mana tidak menemukan suatu hal baru tersebut dapat memicu kebosanan dalam bekerja. Sehingga memutuskan untuk melanjutkan S2 adalah pilihan yang tepat untuk diambil,” ungkap alumnus ITS ini.

 

Pada dasarnya, melanjutkan pendidikan S2 memang memiliki banyak keuntungan. Keuntungan lain yang didapatkan ketika seseorang memilih untuk melanjutkan pendidikan S2 ialah kesempatan untuk memperoleh pendidikan lintas ilmu, yang mana banyak dibutuhkan di dunia kerja.

“Contohnya pada jenjang S1 mahasiswa mengambil Teknik Elektro, sedangkan S2 melanjutkan di Manajemen. Dengan begitu ilmu yang didapatkan menjadi lebih luas dan kaya,” terangnya.

Heri berpesan, untuk memikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Hal tersebut lantaran, untuk melanjutkan pendidikan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan khususnya tanggungan biaya.

“Melanjutkan pendidikan memang memiliki banyak keuntungan. Namun, juga harus penuh pertimbangan,” tutup Heri.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2022, Tunjangan Rp 12,8 Juta Per Bulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com