Kompas.com - 17/03/2022, 09:57 WIB

KOMPAS.com -Apakah saat ini kamu sedang mengincar beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)?

Jika iya, maka kamu harus teliti dengan segala persyaratan yang ada. Sebab, beasiswa ke luar negeri ini setiap tahunnya selalu menjadi incaran mahasiswa.

IISMA adalah salah satu program yang terdapat dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudritek) dan sudah dibuka sejak tahun 2021.

Program ini menawarkan kesempatan belajar selama satu semester di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

Baca juga: Beasiswa Santri 2022: Syarat, Kuota, dan Tujuan Perguruan Tinggi

Guna meningkatkan peluang lolos, ada baiknya menyimak tips dari penerima beasiswa tahun sebelumnya. Misalnya, tips dari Anis Sofia Harjanti mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Program Studi (Prodi) Kedokteran.

Ia lolos ke University of Edinburgh (UoE), Edinburgh, Scotland, United Kingdom. Anis seorang visiting student di College of Arts, Humanities, and Social Sciences, dan School of Health in Social Science.

Keinginan Anis untuk bisa mendapatkan pengalaman ke luar negeri, diakuinya sudah ada sejak tahun 2020.

Berbagai macam kegiatan di tingkat internasional ia sudah coba ikuti. Meski beberapa kali ia sempat mengalami kegagalan, tidak jadi berangkat, mendapatkan pembatalan, namun tak menyurutkan niat Anis untuk menyerah.

“Tahun 2021 awal, aku lihat program IISMA di MBKM. Lalu aku cari tahu dan takjub karena kesempatan yang diberikan lewat program ini melebihi ekspektasi yang aku harapkan. Menurutku IISMA one hold package for everything untuk program seperti student exchange. Karena ini, aku nggak bisa untuk tidak mencoba mendaftar IISMA,” ujar Anis, dilansir dari laman UNS.

Baca juga: MS Glow Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Cek Syaratnya

Anis mengungkapkan, setelah program IISMA diluncurkan ia segera mempersiapkan aplikasi yang dibutuhkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.