Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Hasilkan Cuan? Mahasiswa, Yuk Coba 6 Ide Bisnis Kreatif Ini

Kompas.com - 21/03/2022, 13:48 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kesuksesan bisa saja diraih di usia muda. Hal ini bisa kamu wujudkan jika kamu memiliki jiwa wirausaha, ketekunan dan mau bekerja keras.

Banyak contoh anak muda belum menyelesaikan kuliah namun berhasil memiliki usaha sukses beromzet jutaan.

Jika kamu ingin merintis usaha, salah satu hal pertama yang penting untuk dipikirkan adalah ide bisnisnya.

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (21/3/2022), ada sejumlah ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang di usia muda.

Baca juga: Anak Usaha Astra Buka Lowongan Kerja bagi SMA/SMK-D3, Yuk Daftar

Bagi kamu yang tertarik untuk mulai berbisnis, cobalah sejumlah rekomendasi ide bisnis unik dan antimainstream berikut ini.

1. Barang antik

Kalau kamu termasuk orang yang gemar mengoleksi barang antik, cobalah untuk menjualnya secara online. Kamu bisa membidik target pasar yang spesifik, yakni kolektor barang antik.

Biasanya, seorang kolektor memiliki mata tajam untuk menilai sebuah barang. Makin antik atau tua umur barang tersebut, kolektor tak segan mengeluarkan banyak uang untuk memilikinya.

2. Ruang amarah

Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk menyediakan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk meluapkan amarah? Meskipun terdengar tak biasa, ide bisnis ini sangat menjanjikan.
Pasalnya, banyak orang bingung bagaimana cara melampiaskan rasa kesal atau marah tanpa harus diketahui atau merugikan orang lain.

Baca juga: Ikut UTBK SBMPTN 2022? Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah bagi Siswa SMK

3. Produk daur ulang

Kalau kamu termasuk orang yang mempunyai daya kreativitas tinggi, cobalah berkreasi menggunakan barang bekas. Dari bahan seadanya, kamu bisa menghasilkan sebuah produk layak jual yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Contohnya botol minuman bekas yang diubah menjadi kotak perhiasan, rol tisu toilet bekas yang diubah menjadi kreasi bunga untuk pajangan, plastik bekas yang diubah menjadi koinobori, koran bekas yang diubah menjadi bingkai foto, majalah bekas yang diubah menjadi pot tanaman.

Selain mendapatkan keuntungan dari barang daur ulang tersebut, kamu juga telah membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: Beasiswa Kuliah S1 Gratis di Singapura, Tunjangan Rp 68 Juta Per Tahun

4. Katering sehat

Saat ini makin banyak masyarakat yang menerapkan pola hidup sehat. Termasuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang sangat bagus untuk kesehatan.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan penghasilan sekaligus mengkampanyekan gaya hidup sehat. Caranya dengan menyediakan jasa katering sehat.

Menu yang ditawarkan haruslah mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi harian, seperti sayuran hijau, daging, telur, kacang dan biji-bijian, ikan, susu, dan buah. Untuk mengurangi risiko penggunaan bahan kimia, kamu bisa mengganti sayuran biasa dengan sayuran organik.

Baca juga: Segera Dibuka, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2022 Jalur UTBK SBMPTN

 

5. Hidroponik

Tahukah kamu bahwa mengoleksi tanaman hidroponik tengah menjadi tren? Kamu bisa mengembangkan hobi ini untuk menghasilkan uang. Selain tanaman hias, sayuran dan buah hidroponik juga sangat diminati konsumen.

6. Terrarium

Ide bisnis unik ini memang belum begitu populer. Namun, terrarium menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin merawat tanaman di tempat yang kurang memungkinkan pemeliharaan konvensional, seperti di apartemen.

Bisnis terrarium memungkinkan siapa pun memelihara tanaman di dalam rumah selama terdapat sinar matahari.

Baca juga: Agar Tidak Kena Tipu, Begini Cara Cek Investasi Bodong ala Pakar UGM

Demikian ide bisnis kreatif, unik dan antimainstream yang dapat dicoba mahasiswa untuk meraup keuntungan. Ide bisnis yang dianggap sepele jika dikemas dan dikembangkan dengan bagus bisa saja mendatangkan penghasilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com