Kompas.com - 22/03/2022, 10:52 WIB
|

KOMPAS.com - Tanaman buah dalam pot (tabulampot) kini banyak dijumpai di mana saja. Sebab, budidaya ini punya benefit yang baik atau keuntungannya lebih besar.

Tak hanya itu saja, budidaya tabulampot tingkat keberhasilan cukup tinggi, dapat berbuah di luar musim, mudah dipindah, dan dapat dikembangkan di berbagai lahan.

Selain itu, manfaat lain dari tambulampot adalah adanya buah yang dihasilkan dalam proses budi dayanya.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Biji Karet Jadi Tempe

Seperti pada umumnya tanaman, tabulampot juga memerlukan pemupukan. Tapi, masyarakat sekarang lebih mengenal pupuk kimia daripada pupuk organik.

Padahal, pupuk organik merupakan pupuk dengan bahan dasar yang diambil dari alam dengan jumlah dan jenis unsur hara yang terkandung secara alami.

Air limbah lele dan kotoran ayam

Terkait hal itu, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat pupuk yang terbuat dari bahan alami limbah air budidaya ikan lele sistem bioflok dan kotoran ayam, sehingga ramah lingkungan dan tidak menimbulkan efek negatif jangka panjang bagi tanaman.

Pada mahasiswa itu yaitu Irfan Aldi Fitrian dan Annisa Kusumawati, Ahmad Sauki Al Zamani dan Shibghotulloh Umar Rosyadi.

Mereka melakukan inovasi membuat pupuk organik berbentuk cair dan berfungsi untuk memacu pertumbuhan tanaman khususnya tabulampot.

Menurut Irfan Aldi, pupuk organik merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam upaya memperbaiki kesuburan tanah secara aman.

Baca juga: Mobil Balap Listrik UNY Siap Tampil di IIMS, Punya Keunggulan Ini

Dalam arti produk pertanian yang dihasilkan terbebas dari bahan–bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia sehingga aman dikonsumsi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.