Kompas.com - 23/03/2022, 10:29 WIB

KOMPAS.com - Menjadi siswa gap year atau tahun jeda, tetap bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan syarat ketat.

Dilansir dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), siswa gap year setahun atau gap year 2 tahun bisa mengikuti SBMPTN.

Misalnya untuk tahun ini, maka siswa yang merupakan lulusan SMA sederajat tahun 2020 dan 2021 masih bisa mengikuti tes SBMPTN 2022.

Gap year merupakan masa di mana siswa beristirahat dari jenjang pendidikan formal. Biasanya, siswa gap year memiliki alasan tersendiri saat beristirahat dari masa pendidikan.

Baca juga: Cara Daftar UTBK SBMPTN 2022, Biaya dan Materinya

Untuk itu, jika kamu siswa gap year dan berkeingan kuat mendaftar SBMPTN 2022, berikut adalah 10 tips dalam memaksimalkan persiapan UTBK SBMPTN.

1. Tentukan target

Jika kamu siswa gap year, paling utama adalah menentukan target. Hal ini diperlukan untuk menjaga komitmen dengan tujuan utama, yaitu fokus masuk PTN.

Target tersebut bisa berupa belajar, nilai yang ingin dicapai, atau jurusan impian.

Dengan memiliki target, kamu bisa menyusun strategi berikutnya agar kesempatan masuk PTN impian semakin besar.

2. Buat jadwal belajar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.