Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Beri 2.000 Beasiswa bagi Mahasiswa hingga Dosen Tel-U

Kompas.com - 23/03/2022, 17:15 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 beasiswa IT Support Certificate diberikan Google untuk mahasiswa, dosen, dan staf terpilih Telkom University (Tel-U). Tel-U menjadi universitas pertama yang menerima beasiswa tersebut.

Google Career Certificates dirancang untuk fokus pada pembelajaran praktis dan dapat diselesaikan dengan kecepatan yang ditentukan sendiri oleh peserta.

Di Indonesia, Google.org pada 2021 memberikan hibah sebesar USD 2 juta kepada INCO yang bermitra dengan Yayasan Plan International Indonesia untuk menyediakan 10.000 beasiswa IT Support Certificate serta memberikan dukungan tambahan melalui program bernama INCO Academy-Work in Tech.

Baca juga: Bebas Biaya Kuliah, Telkom University Buka Beasiswa Unggulan 2022

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengatakan Google ingin menyediakan kesempatan bagi semua kalangan untuk mendapatkan keterampilan digital yang kian dibutuhkan dunia kerja.

“Kami ingin menyediakan kesempatan mendapatkan keterampilan digital untuk semua kalangan, terutama ingin membantu orang mendapatkan pekerjaan yang kini banyak dibutuhkan, seperti IT support, data analytics, project management, dan UX design,” ujar Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia. ”Semoga beasiswa ini bisa digunakan dengan baik dan pastinya bisa menjadi tambahan skill yang berarti untuk semua yang mendapatkannya," ujarnya dalam rilis.

Sementara itu, Direktur Utama Yayasan Pendidikan Telkom, Sindhu Aryanto mengatakan bahwa misi Google Indonesia sejalan dengan Telkom Group yang sama-sama ingin membangun talenta digital agar siap menyongsong masa depan.

Google Career Certificates, lanjut dia, adalah program yang sudah ditunggu-tunggu oleh semua kalangan, baik pendidikan maupun industri.

Pasalnya, salah satu yang terjadi di antara dunia industri dengan pendidikan adalah adanya gap kebutuhan dengan kompetensi yang tersedia.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

"Saya melihat Google sudah mulai menjembatani untuk mengejar gap tersebut. Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas inisiatif Google Indonesia yang memilih Telkom University menjadi mitra pertamanya untuk memberikan beasiswa IT Support Certificate bagi 2.000 orang di Telkom University,” tutur Sindhu.

Senada dengan Sindhu, Rektor Telkom University, Adiwijaya mengungkap Google Career Certificates Scholarship Program yang diberikan untuk 2.000 mahasiswa, dosen, staf dan juga alumni Tel-U merupakan sebuah jawaban untuk memenuhi kebutuhan talenta digital masa depan.

"Kami juga berterima kasih kepada Google Indonesia serta Telkom Indonesia atas terselenggaranya program ini. Semoga kerja sama ini terus dapat dikembangkan dan memberikan manfaat yang lebih luas bukan hanya untuk Indonesia tetapi untuk Dunia," harap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com