Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Seperti Steve Job? Mahasiswa Harus Punya Gritty Leadership

Kompas.com - 25/03/2022, 11:49 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jika kamu berminat dengan beasiswa Djarum Beasiswa Plus 2022, maka kamu harus tahu kalau dalam program ini ada pelatihan growth mindset yang penting untukmu.

Seperti saat 520 penerima program Djarum Beasiswa Plus angkatan 2021/2022 mengikuti pelatihan Leadership Development Beswan Djarum 2021/2022.

Pelatihan yang diselenggarakan secara daring, diajak oleh Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Galuh Paskamagma untuk paham posisi anak muda sangat penting bagi masa depan.

Perubahan kompleks dan serba cepat menuntut para pemuda memiliki keterampilan beragam dalam menghadapi persaingan ketat dengan bangsa-bangsa lain.

Baca juga: Djarum Beasiswa Plus 2022 untuk Mahasiswa D4/S1, Ini Syarat Lengkap

Mereka diharapkan memiliki pola pikir berkembang atau growth mindset agar mampu bertahan di tengah kompleksnya permasalahan di masa mendatang.

Galuh menuturkan growth mindset merupakan pola pikir yang wajib dimiliki generasi muda bila ingin meraih kesuksesan di masa mendatang.

Berbeda dengan fixed mindset yang hanya bertumpu pada kemampuan dasar dan bakat semata, growth mindset justru mampu membuat seseorang lebih berkembang karena senantiasa menambah wawasan dan mau menerima saran serta kritikan dari orang lain.

“Bila orang dengan fixed mindset akan cenderung merasa gagal ketika dikritik serta tidak mau menerima masukan dan perubahan, orang-orang dengan growth mindset justru akan lebih tanggap terhadap perubahan dan permasalahan di sekitarnya," ujar Galuh, dilansir dari rilis Djarum Foundation saat mengisi materi Gritty Leadership.

Generasi muda harus kembangkan growth mindset

Ia mengatakan, anak muda yang tanggap akan lebih tangguh karena mereka mampu mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih kompleks.

“Generasi muda harus mampu mengembangkan growth mindset supaya tidak mudah menyerah dan terus berusaha meraih target sesuai dengan visinya. Salah satu cara menumbuhkan sikap ini ialah dengan menumbuhkan jiwa gritty leadership di dalam diri masing-masing,” jelas Galuh.

Baca juga: 7 Politeknik Terakreditasi A di Indonesia, Info bagi Calon Mahasiswa

Ia menjelaskan, materinya yang bernama gritty leadership memiliki arti jiwa kepemimpinan yang pantang menyerah, tangguh dan konsisten demi mewujudkan visi yang dicita-citakan.

Pola pikir ini bertumpu pada dua elemen utama yakni core value (nilai inti/prinsip utama seseorang) serta core purpose (tujuan utama seseorang).

Galuh berharap generasi muda khususnya Beswan Djarum mampu mengadopsi gritty leadership di dalam diri sehingga akan selalu mengingat core value dan core purpose dalam rangka meraih visionary goal-nya.

“Seseorang yang memiliki grit akan terus berusaha dan bekerja keras demi mencapai goals-nya meski banyak hambatan dan kesulitan. Generasi muda khususnya Beswan Djarum diharapkan tidak mudah terlena dengan sesuatu yang serba instan dan terbiasa menerima tantangan sehingga mereka bisa menjadi pemimpin berkualitas di masa mendatang,” ucap Galuh.

Penerapan gritty leadership bisa dilihat dari sosok Steve Jobs. Pendiri Apple tersebut memiliki visi untuk menciptakan personal computer terbaik di dunia.

Baca juga: British Council Buka Beasiswa S2 Penuh Bidang STEM untuk Perempuan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com