Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Fawwaz, Siswa Madrasah yang Lolos di 5 Kampus Terbaik Dunia

Kompas.com - 04/04/2022, 11:56 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Muhammad Fawwaz Farhan Farabi, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong berhasil diterima pada lima perguruan tinggi terbaik dunia (world class university) yang berlokasi di Asia, Australia, dan Eropa.

Di Asia, Fawwaz diterima kuliah di Universitas Indonesia yang diraihnya melalui jalur SNMPTN 2022. Di Australia, lulusan MI dan MTs Pembangunan UIN Jakarta ini masuk di Monash University, Adelaide University, dan Royal Melbourne Institute of Technology.

Sementara di Eropa, siswa yang memiliki minat di bidang hukum, ekonomi dan hubungan internasional ini dinyatakan diterima di Wageningen University & Research, Belanda.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Lingkungan madrasah tumbuhkan semangat menuntut ilmu

Fawwaz mengaku bersyukur bahwa aplikasi dan proposal yang dikirim untuk mendaftar di sejumlah perguruan tinggi berbuah manis.

Dia mengaku hanya berusaha untuk melakukan persiapan semaksimal mungkin dalam mengikuti setiap tahapan seleksi di bawah bimbingan para guru.

“Saya memang tipikal orang yang bersemangat dalam mencapai tujuan, apalagi jika itu berdampak signifikan terhadap masyarakat luas,” ujarnya seperti dilansir dari laman Kemenag, Senin (4/4/2022).

Ia mengakui bahwa lingkungan madrasah telah menumbuhkan semangat untuk terus meraih ilmu pengetahuan dan meningkatkan prestasi yang lebih baik.

"Saya merasakan bahwa madrasah adalah lembaga pendidikan terbaik untuk mempersiapkan masa depan yang lebih berkualitas," ungkap Fawwaz.

Fawwaz mengucapkan terima kasih saya sampaikan kepada kedua orang tua dan para guru yang terus memberikan bimbingan.

"Alhamdulillah, saya mendapat peluang memperoleh beasiswa kuliah di Australia dan Eropa. Ini pilihan yang cukup strategis. Termasuk kesempatan untuk kuliah di Universitas Indonesia,” tandasnya.

Baca juga: Cerita Sheinna Raih IPK 3,99 dan Jadi Lulusan Terbaik ITS

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, merasa bangga atas lulusan MAN Insan Cendekia yang diterima di berbagai perguruan tinggi kelas dunia tersebut.

“Ini merupakan miniatur kualitas atas jebolan dari madrasah binaan Kementerian Agama RI,” terang Dhani.

“MAN Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan yang diakui oleh berbagai kalangan. Tentu, saya merasa bersyukur dan bangga atas ini semua. Saya sampaikan selamat kepada ananda Fawwaz, MAN Insan Cendekia, dan semua stakeholder madrasah,” sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com