Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Terbaik di Jatim Versi Webometrics, QS WUR dan SIR 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 16:49 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Setiap tahun sejumlah lembaga pemeringkatan internasional melakukan penilaian terhadap universitas yang ada di seluruh dunia.

Pemeringkatan ini juga sering menjadi acuan untuk menilai kualitas sebuah perguruan tinggi. Apalagi bagi calon mahasiswa yang masih galau memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan.

Pada April 2022 ini, sudah ada hasil pemeringkatan dari tiga lembaga internasional yang terkenal, yakni Webometrics, Quacquarelli Symonds (QS) dan Scimago Institutions Rankings (SIR).

Bagi kamu yang berencana melanjutkan pendidikan di Jawa Timur (Jatim) ada sejumlah perguruan tinggi negeri yang masuk dalam ketiga pemeringkatan tersebut lho.

Baca juga: Cek 5 Sekolah Kedinasan 2022 dengan Jumlah Pelamar Terbanyak

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Rabu (13/4/2022), Webometrics merupakan organisasi pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang dilakukan sejak Juli 2012.

Webometrics melakukan pemeringkatan menggunakan indikator impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence. Seperti pemeringkatan Webometrics 2022.

Sementara QS merupakan penyedia layanan, analitik, dan wawasan terkemuka di dunia untuk sektor pendidikan tinggi global.

Dalam rilis QS World University Rankings 2022 (QS WUR 2022), banyak kampus terbaik dunia, termasuk di Indonesia. Pemeringkatan QS WUR 2022 memberikan analisa terbaik terhadap 1.300 perguruan tinggi top dunia yang berada di 97 lokasi.

Baca juga: Daftar UTBK SBMPTN 2022? Ini Tips Pilih Jurusan Kuliah dari Pakar UNS

Setidaknya ada beberapa indikator yang dilakukan QS dalam memberikan peringkat ke perguruan tinggi, yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty/Student Ratio, International Faculty Ratio, dan International Student Ratio.

Sedangkan Scimago Institutions Rankings (SIR) merupakan lembaga internasional yang mendata dan melakukan pemeringkatan riset dan menilai relevansi riset terhadap publik di suatu institusi riset.

Ada lima kategori institusi riset yang dinilai, yaitu institusi riset pemerintah, institusi riset kesehatan, institusi riset perusahaan, institusi riset lembaga nirlaba dan institusi riset perguruan tinggi

SIR melakukan publikasi peringkat institusi perguruan tinggi yang penilaiannya berdasarkan 3 kelompok indikator yaitu:

  • Research dengan bobot nilai 50 persen
  • Innovation bobot nilai 30 persen
  • Societal bobot nilai 20 persen

Berikut universitas terbaik di Jawa Timur versi Webometrics, QS WUR dan SIR 2022.

Baca juga: Kapan UTBK Gelombang I dan II Dilaksanakan? Ini Jadwal dari LTMPT

Pemeringkatan Webometrics 2022

1. Universitas Brawijaya (UB)

  • Peringkat 3 nasional

2. Universitas Airlangga (Unair)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com