Kompas.com - 20/04/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com – Saat mendengar kata gender, biasanya yang terbesit dalam benak kita adalah klasifikasi jenis kelamin. Padahal, gender bermakna lebih dari itu.

Menurut World Health Organization (WHO), gender mengacu pada sifat atau karakteristik dari laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial dan budaya.

Peran gender bisa berbeda antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya dan dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Di sisi lain, jenis kelamin lebih mengarah pada perbedaan fisik antara perempuan dan laki-laki yang tidak bisa dipertukarkan.

Senior Early Childhood and Education Development (ECED) Specialist Tanoto Foundation Fitriana Herarti mengatakan, ada tiga bagian peran gender dalam keluarga yang sering kita dengar, yaitu peran publik, domestik, dan kemasyarakatan.

Dalam ranah domestik, kata dia, peran perempuan identik dengan kegiatan di rumah, seperti membersihkan dan merawat rumah hingga mengasuh anak.

“Sementara itu, laki-laki dipandang lebih pantas bekerja dan berada di luar rumah dibandingkan perempuan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Apa Bedanya Jenis Kelamin dengan Gender?

Meski demikian, kata Fitriana, seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan di berbagai area kehidupan, kesadaran dan pemahaman bahwa peran laki-laki dan perempuan tidak lagi perlu menjadi dikotomis juga tumbuh. 

Dia menjelaskan, dalam konteks pengasuhan, peran perempuan dan laki-laki sesungguhnya tidak berbeda.

Keduanya tetap memiliki kesempatan dan kemampuan yang sama dalam memberikan pengasuhan yang optimal demi tumbuh kembang anak-anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.