Kompas.com - 23/04/2022, 09:43 WIB
|

KOMPAS.com - Sebelum menentukan jurusan kuliah, ada baiknya calon mahasiswa juga menentukan kampusnya. Hal ini tentu karena kampus akan jadi tempat untuk menimba ilmu.

Tetapi, memilih kampus juga harus tepat. Ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Semua memiliki keunikan masing-masing.

Jadi, apakah kamu sudah menentukan mau kuliah di PTN atau PTS? Jangan sampai salah pilih, apalagi terkait jurusan kuliah.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Perbedaan Statistika dan Sains Aktuaria ITS

Tapi, kalau mau kuliah di PTN maka harus lulus seleksi pada SNMPTN, SBMPTN atau seleksi mandiri PTN.

Sedangkan di PTS, calon mahasiswa bisa mendaftar langsung ke PTS yang ingin dituju. Di Indonesia ada banyak perguruan tinggi.

Bagi yang masih galau ingin kuliah di PTN atau PTS, maka harus memahami perbedaan PTN dan PTS terlebih dahulu. Melansir laman Aku Pintar, ini penjelasannya.

Perbedaan PTN dan PTS

Perbedaan PTN dan PTS di jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Jika di PTS ada 3 jalur yang dibuka. Yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. SNMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik (dan non-akademik).

Sedangkan SBMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil tes (UTBK). Meskipun nama kedua jalur ini terus berubah, dasar seleksi SNMPTN dan SBMPTN relatif sama dari waktu ke waktu.

Untuk jalur ketiga yaitu Seleksi Mandiri, setiap perguruan tinggi negeri diperbolehkan menerapkan ketentuannya masing-masing. Mulai dari kriteria seleksinya, dengan ujian atau tidak, hingga biaya pendaftaran dan kuliah, seluruhnya menjadi kewenangan kampus negeri masing-masing.

Sedang kampus swasta, yang tidak terikat dengan peraturan pemerintah dalam proses penerimaan mahasiswa baru, memiliki beberapa jalur seleksi yang biasanya diselenggarakan dalam beberapa gelombang.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 3 Jenis Materi UTBK SBMPTN 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.