Kompas.com - 23/04/2022, 16:07 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa jurusan IPA, ada beberapa jurusan yang jadi favorit sejak dulu. Seperti Kedokteran atau Jurusan Teknik. Pada Jurusan Teknik, ada banyak bidang ilmu yang bisa dipelajari.

Salah satu yang paling populer yakni Teknik Sipil. Namun selain Teknik Sipil, ada Jurusan Teknik lainnya yang memiliki prospek kerja terbuka lebar lho.

Yakni Teknik Industri. Jurusan Teknik Industri sangat cocok bagi siswa yang suka dengan ilmu Fisika dan Matematika.

Baca juga: Mau Kuliah Murah di Eropa? 3 Negara Ini Bisa Jadi Pilihan

Tidak melulu tentang ilmu teknik, mahasiswa Teknik Industri juga dapat mempelajari ilmu lain yang terlibat dalam suatu proses industri, termasuk informasi dan manajemen.

Salah keuntungan menjadi lulusan Teknik Industri adalah memiliki prospek kerja lebih luas dan menjanjikan.

Teknik Industri merupakan bidang ilmu yang menjadi jembatan penghubung kebutuhan manusia dengan perkembangan industri. Bidang ilmu ini fokus pada pembelajaran cara mengevaluasi, mendesain, memodifikasi, mengontrol, menguji, serta meningkatkan kinerja suatu sistem produksi.

Tidak hanya ilmu sains, mahasiswa juga akan mempelajari ilmu sosial dan mendalami cara menganalisis data. Jurusan Teknik Industri membahas industri secara luas sehingga prospek kerjanya lebih variatif.

Lulusan Teknik Industri, dalam pekerjaannya membutuhkan dukungan mesin, software, serta teknologi atau alat pendukung lainnya. Mendalami bidang Teknik Industri akan mengasah kemampuan mahasiswanya dalam mengelola sistem industri 4.0 baik secara internal maupun eksternal.

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Sabtu (23/4/2022), ada beberapa alasan dan manfaat kuliah di jurusan Teknik Industri. Mari simak ulasan berikut ini:

Baca juga: Kemendikbud Ungkap Potensi Masalah Pengelolaan Bantuan Pendidikan

Skill dan kompetensi beragam

Setelah menyelesaikan kuliah di jurusan Teknik Industri, kamu memiliki peluang memiliki beragam skill dan kompetensi, seperti:

  • Mampu mendesain
  • Bereksperimen
  • Menganalisis dan menginterpretasikan data
  • Mampu melakukan identifikasi
  • Perumusan
  • Pemecahan masalah teknik industri
  • Mampu berkomunikasi dan bekerja efektif dalam tim multidisiplin
  • Paham etika dan tanggung jawab profesional
  • Memiliki bekal pendidikan luas terutama memahami dampak teknik industri dalam konteks ekonomi, lingkungan, dan sosial secara global.
  • Pengetahuan yang luas tentang isu-isu kontemporer.
  • Mampu menggunakan keterampilan, teknik, serta alat pendukung modern yang dibutuhkan dalam praktik.

Baca juga: Cerita Januarti, Dosen ITS yang Dapat Julukan Queen of Ash

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.