Kompas.com - 25/04/2022, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Dokter klinik Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga (PLK Unair), Rima Dwi Yanantika memberikan sejumlah kiat bagi penderita maag agar lancar menjalani puasa ramadan.

Dokter Rima menjelaskan bahwa ada banyak macam penyakit lambung, salah satunya dispepsia yang awam dikenal oleh telinga masyarakat sebagai penyakit maag.

Dispepsia, lanjutnya, kemudian dibagi lagi menjadi dua, yakni fungsional yang menyerang fungsi dan struktural yang menyerang struktur atau organ.

“Nah, jadi yang fungsional ini justru ternyata membaik (penyakitnya) dengan berpuasa karena dengan berpuasa kita mendapatkan jadwal makan yang fiks. Dan pencernaan kita juga istirahat dalam rentang waktu tertentu,” terang Dokter Rima dilansir dari laman Unair.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Penyakit maag yang umum, jelasnya, ditandai dengan nyeri di ulu hati, kembung, mual, atau bahkan rasa terbakar di ulu hati ini.

Hal tersebut, sambungnya, dominan diderita oleh seseorang dengan usia produktif serta disebabkan oleh pola makan tidak teratur, jenis makanan dan minuman yang tidak sesuai, pola hidup, dan stres.

Tips konsumsi makanan saat puasa bagi penderita maag

Dokter Rima juga memberikan tips berpuasa bagi penderita dispepsia fungsional, diawali pada saat sahur.

Ia mengatakan harus ada rehidrasi cairan agar tidak mengalami dehidrasi serta proses konsumsi makanan harus dilakukan secara perlahan-lahan dan dalam jumlah yang wajar.

Tips dari Dokter Rima selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat ketika sahur agar lambung bisa terisi lebih lama.

Baca juga: 5 Cara Menentukan Jumlah Uang Jajan Anak SD-SMA Menurut Ahli

Selain itu, terutama setelah sahur, Dokter Rima juga mengimbau agar tidak tidur dengan posisi telentang karena akan menyebabkan arus balik ke saluran cerna yang lebih atas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.