Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan CIEL, Kunci Sukses Lulusan Vokasi UI Masuki Bursa Kerja

Kompas.com - 26/04/2022, 16:24 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas lulusan. Kualitas lulusan sendiri berpengaruh pada seberapa besar daya saingnya dalam mendapatkan pekerjaan.

Hal tersebut dipaparkan CEO perusahaan konsultan pemasaran MarkPlus Inc., Jacky Mussry dalam acara MarkPlus Goes to Campus (MGTC) yang digelar oleh Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) bersama MarkPlus, Inc.,

Menurutnya, kolaborasi antara akademisi dan praktisi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas lulusan.

"Kolaborasi antara akademisi dan praktisi sangat dibutuhkan. Selain itu, universitas juga perlu mengubah fokusnya menjadi customer-centric, yaitu mahasiswa, sehingga universitas dapat memfasilitasi mereka secara maksimal,” kata Jacky seperti dilansir dari laman UI.

Baca juga: Ikut Jalur Mandiri UI 2022? Ini Jadwal SIMAK UI 2022 dan Biaya Kuliah

Selain itu, kemampuan mempraktikkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke bidang pekerjaan di dunia industri, merupakan hal yang sangat diharapkan dari lulusan pendidikan tinggi.

Sebagai salah satu pendidikan tinggi vokasional di Indonesia, Vokasi UI mendukung berbagai program peningkatan kompetensi mahasiswa untuk menciptakan lulusan yang berdaya saing.

Dalam kesempatan itu, Vokasi UI berbagi pengalaman tentang cara mengimplementasikan Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership (CIEL) di kegiatan kampus, baik di bidang pengajaran, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono mengatakan bahwa penerapan kurikulum berbasis praktik sudah menjadi fokus Vokasi UI. Dukungan berupa metode problem-based learning juga telah dimaksimalkan.

“Berbagai fasilitas penunjang, seperti laboratorium, menjadi teaching factory yang turut memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa untuk menerapkan pembelajaran teori di kelas dalam bentuk praktik,” kata Padang menjelaskan.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Penerapan CIEL oleh Vokasi UI turut menghasilkan produk-produk inovasi sebagai wujud penerapan praktik dosen dan mahasiswa.

Beberapa produk inovasi tersebut, antara lain VokHumFest, E-Taxaction NG, dan Vocation Wellness Center.

VokHumFest (Vokasi Humas Festival) merupakan program pengabdian masyarakat untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang produk, jasa, teknologi, dan lembaga penyiaran lokal/komunitas se-Jabodetabek dengan pembuatan program Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Program ini bertujuan membantu UMKM melakukan promosi dan menciptakan branding.

Adapun E-Taxaction New Generation (E-Taxaction NG) adalah aplikasi digital penyedia fitur konsultasi pajak dan ruang belajar pajak gratis bagi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 UGM Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri

Inovasi ini merupakan upaya link and match antara keluaran dari Pendidikan Tinggi Vokasi dan kebutuhan UMKM, dunia usaha, serta industri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com