Kompas.com - 28/04/2022, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Hampir 90 persen pelaku usaha yang bergerak di sektor ekonomi kreatif Indonesia belum memiliki perlindungan atas kekayaan intelektual.

Padahal, Indonesia memiliki potensi ekonomi kreatif yang begitu besar. Pelaku ekonomi kreatif ini, didominasi oleh para generasi muda.

Hal tersebut diutarakan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dalam Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia, Selasa (26/04/2022).

Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia tahun 2022 mengusung tema "Intellectual Property and Youth: Innovating for a Better Future".

Melalui peringatan ini, diharapkan para generasi muda dapat memiliki pemahaman akan urgensi perlindungan atas kekayaan intelektual.

Baca juga: Universitas Pertamina Buka 3 Beasiswa 2022, Bebas Biaya Kuliah

Utamanya, dalam mengembangkan dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sebagai pondasi pemulihan ekonomi Indonesia.

Sadar akan pentingnya hak atas kekayaan intelektual, dua mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina (UPER), memperoleh Hak Cipta untuk aplikasi penyewaan buku karya mereka.

Aplikasi yang diberi nama "BookU" tersebut, dibuat oleh Luthfi Anum Pratama dan Fathan Satria Anandika.

Dalam pengembangan aplikasi, kedua mahasiswa dibantu oleh dua orang dosen pembimbing dan satu orang tenaga pendidik.

“Hak Cipta untuk BookU, secara resmi kami peroleh pada tanggal 29 November 2021 kemarin melalui Surat Pencatatan Ciptaan yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Ham RI. Saat ini, kami sedang melakukan pengembangan untuk komersialisasi aplikasi dengan bantuan rekan-rekan dari program Inkubasi Bisnis, yakni Wulan Azzahra dan Rheyhana Diva,” ungkap Luthfi, dalam keterangan tertulis Universitas Pertamina.

Baca juga: Lewat Bisnis Ini, Lulusan SMK Raup Omzet Ratusan Juta Per Bulan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.