Kompas.com - 05/05/2022, 12:57 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di perguruan tinggi banyak jurusan yang bisa dipilih dari rumpun Saintek maupun Soshum.

Bagi kamu yang suka belajar dengan praktik, Fakultas Teknik bisa dipilih. Ada banyak sekali jurusan Teknik yang bisa dipilih, mulai dari Teknik Sipil hingga Teknik Industri.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa memilih jurusan Teknik juga butuh perjuangan karena berbagai tugas dan kuliah praktik.

Agar tidak keteteran saat kuliah, mahasiswa jurusan teknik bisa memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuannya.

Baca juga: Baju Baru Lebaran, Pakar UNS: Waspadai Limbah Pakaian yang Meningkat

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada 5 metode belajar yang dapat diterapkan bagi mahasiswa Fakultas Teknik. Metode pembelajaran ini tidak hanya memudahkanmu dalam menjalankan aktivitas belajar tapi dapat meningkatkan fokus dan kualitas belajar.

Melansir dari laman Fakulas Teknik Universitas Pasundan (Unpas), Kamis (5/5/2022), berikut 5 metode pembelajaran yang bisa diterapkan para mahasiswa Fakultas Teknik.

1. Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro diambil dari bahasa Italia yang berarti tomat. Teknik ini dikembangkan oleh mahasiswa bernama Francesco Cirillo pada tahun 80an. Teknik Pomodoro menjadi solusi manajemen waktu dan teknik fokus bagi kamu yang memiliki tugas banyak namun merasa kekurangan waktu.

Teknik ini cukup sederhana, kamu hanya perlu bekerja selama 25 menit, kemudian beristirahat selama 5 menit. Siklus ini diulang sebanyak 4 kali, setelah 4 siklus terleawti kamu bisa beristirahat lebih lama, yakni sekitar 15-20 menit.

Teknik ini dirancang agar mudah diimplementasikan dan memberi hasil yang maksimal dari segi produktivitas. Mahasiswa hanya perlu menyiapkan timer dan daftar tugas untuk menerapkannya.

Baca juga: PT Ericsson Indonesia Buka Lowongan Kerja S1, Ayo Daftar

Agar lebih fokus, mahasiswa juga harus mengatur ruang belajar senyaman mungkin agar dapat meningkatkan mood serta memberikan konsentrasi penuh terhadap tugas yang akan diselesaikan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.