Kompas.com - 05/05/2022, 19:37 WIB

 

KOMPAS.com - Saat merayakan Hari Raya Idul fitri, masyarakat muslim di Indonesia terbiasa membuat aneka hidangan dalam jumlah besar.

Seperti menu opor ayam, rendang, dan sambal goreng ati, atau menu lainnya yang selalu dimasak saat Idul Fitri tiba.

Menu-menu makanan ini, memang dimasak agak banyak dari menu sehari-hari karena di momen inilah semua keluarga dan tetangga, bertemu dan berkumpul untuk bermaaf-maafan.

Oleh sebab itulah, tak jarang juga banyak masakan yang masih tersisa setelah hari Lebaran.

Baca juga: Buka Puasa Makan Junk Food, Ahli Gizi UM Surabaya Beberkan Akibatnya

Sisa makanan tersebut tentu sayang untuk dibuang begitu saja, mubazir. Apalagi, beberapa jenis makanan memang masih bisa disimpan untuk hari-hari berikutnya, seperti rendang.

Akan tetapi, untuk menyimpan makanan tersebut harus memperhatikan beberapa hal agar makanan sisa lebaran ini masih bisa layak dikonsumsi dan tidak menimbulkan penyakit.

Dilansir dari laman Vokasi Kemendikbud Ristek, Chef Dwi Santoso atau yang biasa disapa Chef Pablo, kungfu chef sekaligus instruktur di International Hotel Management School, yakni sebuah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Jawa Tengah punya tips menyimpan sisa makanan lebaran agar tidak mudah basi.

1. Kenali jenis masakannya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis masakan yang akan disimpan, yakni apakah mengandung santan atau tidak. Masakan yang mengandung santan seharusnya cepat dihabiskan.

Akan tetapi, jika memang tidak habis, masakan bersantan bisa disimpan dalam wadah tertutup, kemudian dimasukkan dalam chiller (kulkas). Makanan jenis ini akan tahan maksimal dua hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.