Kompas.com - 06/05/2022, 13:21 WIB

KOMPAS.com - Selama bulan puasa atau Ramadhan, pola makan dan minum benar-benar tertata.

Sehingga, berpuasa merupakan momen yang pas untuk menata pola makan. Seharusnya, selepas puasa pun bisa terus menerapkan pola makan yang baik. Namun bagi sebagian orang, membangun pola makan yang baik akan lebih mudah daripada menjaganya.

Biasanya, pola makan yang baik itu akan memudar seiring berakhirnya Ramadhan. Kalau pola makan tidak terjaga pasca puasa, tentu ada banyak pula penyakit yang busa mengintai. Hingga bisa meningkatkan berat badan naik.

Maka dari itu, dibutuhkan tips-tips untuk tetap bisa menjaga pola makan pasca Ramadhan.

Baca juga: Pakar Gizi UB: Ini 4 Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), Lailatul Muniroh mengatakan Ramadhan merupakan momen untuk menata pola makan dan pola hidup.

Biar tetap bisa menjaga pola makan pasca ramadhan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan secara bertahap untuk menjaga pola makan yang baik. Di antaranya adalah:

1. Jangan lewatkan sarapan

Dosen mata kuliah gizi dan produktivitas itu menekankan pentingnya sarapan sebelum memulai aktivitas. Sarapan, lanjutnya, dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga terhindar dari nafsu makan berlebih.

Lebih lanjut, ia menganjurkan makanan sarapan sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat yang cukup.

2. Batasi camilan tinggi kalori

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.