Kompas.com - 09/05/2022, 12:43 WIB
|

KOMPAS.com - Libur Lebaran 2022 telah selesai di berbagai daerah di Indonesia. Kini, banyak siswa yang harus kembali ke sekolah untuk menuntut ilmu.

Tetapi, terkadang rasa malas masih menghantui. Karena itu dibutuhkan motivasi agar siswa kembali bersemangat untuk belajar di sekolah.

Belajar merupakan salah hal yeng penting dalam hidup manusia. Tapi banyak orang yang merasa malas untuk belajar, apalagi sehabis liburan.

Baca juga: Begini Konsep Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara

Lantas, bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar bagi siswa? Melansir laman resmi SMPN 7 Muara Enim, Sumatera Selatan, ini 7 tips meningkatkan motivasi belajar bagi siswa:

Tips meningkatkan motivasi belajar

1. Buat agenda belajar

Adapun langkah pertama yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan membuat agenda belajar yang jelas. Agenda belajar akan membantumu untuk mengatur waktu dan materi apa yang harus dipelajari.

Dengan demikian, kamu akan lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar. Cukup dengan membuat agenda belajar, belajar yang kamu lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Tentukan gaya belajar

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Bahkan Setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan.

Maka, tentukan apakah kamu termasuk seseorang yang bertipe visual, auditori, atau kinestetik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.