Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Rekomendasi Jurusan Kuliah bagi Anak IPA dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 09/05/2022, 19:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah meski terdengar sederhana namun menjadi proses yang dilematis bagi para calon mahasiswa. Calon mahasiswa bisa memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minatnya.

Misalnya, saat di sekolah suka dengan suatu pelajaran tertentu, di jenjang perguruan tinggi juga bisa memilih jurusan kuliah yang relevan dengan pelajaran favoritnya.

Ada banyak sekali jurusan kuliah baik di rumpun Saintek maupun Soshum yang bisa dipilih. Melansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas), ada beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang bisa dipilih bagi siswa jurusan IPA berikut prospek kerjanya.

Bagi calon mahasiswa yang masih bimbang menentukan jurusan kuliah, informasi ini bisa jadi bahan referensimu memilih kampus di tahun 2023 nanti.

Baca juga: 9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

1. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter atau lebih sering disebut dengan Kedokteran adalah salah satu jurusan paling diminati di Indonesia. Jurusan ini akan mempelajari bagaimana mencegah penyakit, mengobati penyakit, dan melakukan perawatan medis.

Peluang pekerjaan Pendidikan Dokter bisa bekerja menjadi dokter di klinik pemerintah atau swasta, dokter di klinik sendiri setelah mendapatkan izin praktik, dan praktisi kesehatan atau peneliti.

2. Farmasi

Secara umum jurusan Farmasi akan mempelajari hal-hal berbau dengan obat mulai dari klasifikasi, fungsi, hingga menganalisis kandungan dari berbagai macam obat yang sudah pernah dibuat.

Peluang pekerjaan bisa sebagai apoteker, peneliti di perusahaan obat atau lembaga pemerintah, dan konsultan obat dan kosmetik.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Kampus Swasta Terbaik Indonesia 2022

3. Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi mempelajari pertumbuhan, nutrisi seimbang untuk setiap manusia hingga mengatur nutrisi dalam diet. Apa saja terkait dengan makanan dan efeknya pada tubuh manusia dipelajari dalam jurusan Ilmu Gizi.

Peluang pekerjaan bisa menjadi seorang konsultan gizi di klinik atau rumah sakit, perusahaan pangan sebagai analis, ahli diet, dan membuka bisnis makanan sehat.

4. Statistika

Statistika adalah jurusan yang berhubungan erat dengan angka. Mata kuliah yang diajarkan pada jurusan ini akan lebih banyak berfokus pada perencanaan, mengumpulkan data, analisis data, mengambil keputusan dari hasil analisis yang dilakukan. Peluang pekerjaan bisa bekerja di bidang perbankan, perusahaan besar, lembaga statistik, dan manufaktur.

5. Arsitektur

Jurusan ini cocok untuk mereka yang menyukai desain bangunan, memiliki ketelitian, senang melakukan analisis, dan riset yang cukup mendalam sebelum mewujudkannya menjadi sebuah gambar. Peluang pekerjaan bisa berprofesi sebagai arsitek, konsultan desain, dan bekerja di perusahaan konstruksi.

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

6. Teknik Informatika

Teknik Informatika berhubungan erat dengan rekayasa perangkat lunak. Mahasiswa yang kuliah di jurusan ini akan mempelajari bagaimana membuat ide, menganalisis, mengembangkan menjadi produk, dan melakukan uji coba berkali-kali hingga berhasil.

Peluang pekerjaan bisa menjadi seorang pengembang perangkat lunak, ahli IT di perusahaan, konsultan IT, konsultan keamanan, dan ahli jaringan.

7. Teknik Elektronika

Teknik Elektronika memiliki cakupan luas dari apa yang dipelajari dan konsentrasi yang nantinya diambil. Namun, secara umum jurusan ini mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan listrik, alat listrik, distribusi, sistem jaringan dan pemanfaatannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com